Terhubung Dengan Kami

Hidup Sehat

Khasiat Ikan Tongkol

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Ikan Tongkol : © kkp.go.id

IKAN Tongkol menjadi salah satu ikan yang cukup populer di Indonesia. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai masakan rumahan yang lezat dan menyehatkan.

Apa saja manfaat yang didapatkan ketika makan ikan tongkol?

Nama latinnya euthynnus affinis, ikan ini hidup di perairan tropis dan subtropis di Pasifik Indo-Barat.

Spesies yang sangat bermigrasi ini dapat ditemukan bersekolah di perairan permukaan yang suhunya lebih tinggi dari 20 derajat celsius.

Jika dimakan, rasa ikan tongkol mirip tuna dan cakalang karena memang ketiga ikan ini berasal dari keluarga yang sama, yaitu scombridae. Kamu bisa merasakan tekstur dan citarasa yang hampir sama.

Di dalam ikan tongkol, terdapat lemak, protein, sodium, kalium, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan yang juga dikenal dengan nama kawakawa, mackerel tuna, dan little tuna ini juga kaya protein untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ini bisa jadi alternatif sumber protein hewani dengan harga terjangkau.

Protein dalam tongkol baik untuk kesehatan rambut dan kuku. Sebab, tubuh memanfaatkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Kandungan protein juga dapat membantu memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun, dan menguatkan tulang serta otot.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, kamu bisa makan tongkol. Sebab, bila tubuh kekurangan protein dapat menyebabkan seseorang mudah sakit, tubuh terasa lemas, dan lebih lama sembuh bila terdapat luka.

Selain itu, tongkol juga termasuk ikan rendah kalori. Dalam 150gram porsi, terkandung 179 kalorinya sehingga bisa jadi alternatif menu untuk yang sedang menurunkan berat badan.

Makanan tinggi protein dapat menurunkan kadar ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar sehingga bikin ngidam makan makanan berkarbohidrat.

Ketika kadar ghrelin turun, ini dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mencegah mengudap berlebihan.

Dengan adanya natrium dari tongkol, dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium juga berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal.

Ikan tongkol juga tinggi selenium, mineral yang berperan dalam kesehatan kelenjar tiroid.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme, menghasilkan hormon, dan mempertahankan tingkat energi.

Gangguan fungsi tiroid dapat menyebabkan gejala serius, seperti perubahan berat badan, suhu tubuh, kebiasaan buang air besar, dan fungsi seksual.

Niacin dalam tongkol juga telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari penyakit alzheimer dan penurunan terkait usia. Ini karena ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat meningkatkan kinerja kognitif dan dapat melindungi terhadap masalah kesehatan mental seperti depresi.

Untuk menjaga kesehatan darah dan jantung, ikan yang kaya zat besi ini dapat membantu tubuh membentuk sel darah merah. Hal ini juga yang dapat mencegah terjadinya anemia.

Belum lagi, ikan tongkol juga tinggi kadar asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

Dengan berbagai manfaat ikan tongkol yang telah disebutkan, kamu bisa menjadikan ikan ini sebagai menu alternatif dalam masakan sehari-hari.

Selain harganya terjangkau, ikan tongkol juga bisa dimasak dengan cara dipanggang, direbus, atau digoreng dengan bumbu sesuai selera.

Sumber : Hellosehat / Doktersehat / Detik

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Selamat Berpuasa

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!5 jam lalu

Nokia 9110i Berumur 21 Tahun, Jadi Holy Grail Kolektor

PADA tahun 1998, Nokia 9110i Communicator menjadi ponsel pintar yang punya kemampuan bak komputer. Dengan ukuran yang pas untuk dikantongi, ponsel ini...

Histori6 jam lalu

Istana Damnah Dalam Sejarah

DI Kampung Damnah, Kabupaten Lingga terdapat sebuah situs bersejarah yang berkaitan dengan Kesultanan Riau Lingga. Sebuah kompleks istana yang berdiri...

Histori7 jam lalu

Sejarah THR Di Indonesia

TUNJANGAN Hari Raya (THR) mulai diberikan pada zaman pemerintahan Bung Karno. Tepatnya pada Kabinet PM keenam Soekiman Wirjosandjojo, politikus asal...

Gaptek? Gak Lah!5 hari lalu

Bila Huawei Tanpa Aplikasi Android

KEPUTUSAN Google untuk mencabut lisensi Android di perangkat-perangkat Huawei tentu bukan hal sepele. Ada beberapa dampak yang bakal terjadi. Coba...

Bincang5 hari lalu

Batam, A Sampai Z Bersama Daniel Burhannuddin

DIRUT PT. Esqarada, Daniel Burhannuddin bicara Panjang lebar tentang Batam. Mulai A sampai Z. Sejak awal mulai Batam dibangun era...

Histori5 hari lalu

Melihat Pengelolaan Dana Haji di Masa Lalu

DULU, sebelum tahun 1979, calon jamaah haji Indonesia mempunyai kebebasan untuk memilih salah satu dari dua pilihan. Apakah pemberangkatan ke...

Pop & Roll5 hari lalu

Industri Kecantikan Mulai Bidik Laki – Laki

INDUSTRI kecantikan kini tak hanya didominasi perempuan. Semakin banyak laki-laki yang menunjukkan minat terhadap produk perawatan kulit dan kecantikan. Menurut...

Inspirasi7 hari lalu

Dulu Gagal, Sekarang Beromset Rp.2 Juta Sekali Produksi

BERANI berkreasi serta berinovasi hingga menghasilkan satu produk bernilai jual, menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan oleh kaum milenial...

Histori7 hari lalu

Dokumentasi Bersejarah Mendur Bersaudara

JIKA saat ini kamu bisa melihat foto Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi, maka sudah patutnya kamu berterima kasih pada sosok...

Ide1 minggu lalu

Fungsi Lain Mie Instan Selain Bikin Kenyang

SEPERTI kita tahu, mie instan termasuk menu favorit banyak orang termasuk anak kost di akhir bulan. Selain harganya yang terjangkau...