Terhubung Dengan Kami

Pilihan gowest.id

Kura Kura Galapagos yang Muncul Lagi

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Kura Kura Galapagos : © People.com

ANGGOTA spesies kura-kura raksasa yang tidak terlihat selama lebih dari 110 tahun dan diperkirakan sudah punah, berhasil ditemukan di bagian terpencil Pulau Fernandina di Kepulauan Galapagos oleh tim gabungan Taman Nasional dan Konservasi Galapagos.

Dilansir AFP (h/t Channel News Asia), Jumat (22/2/2019), kura-kura yang diyakini berjenis kelamin betina itu memiliki nama ilmiah Chelonoidis phantasticus, lebih dikenal sebagai kura-kura raksasa Fernandina.

Kura-kura tersebut memiliki cangkang halus dan moncong berwarna merah muda.

Selanjutnya, tim membawa kura-kura berusia satu abad itu ke pusat penangkaran kura-kura raksasa di Pulau Santa Cruz. Nantinya, kura-kura itu akan tinggal di kandang yang dirancang khusus.

“Hewan itu usianya lebih dari 100 tahun dan ia adalah kura-kura yang sangat tua,” kata Washington Tapia dari Galapagos Conservancy, sebuah organisasi nirlaba AS yang memang didekasikan untuk melestarikan Galapagos –kepulauan di pesisir barat Amerika Selatan.

Menurut para peneliti yang dikutip Associated Press, spesies terakhir kura-kura ini ditemukan pada 1906. Sejak itu mereka sering menemukan bekas gigitan pada kaktus dan ada kemungkinan penampakannya pada 2009.

Tanda-tanda ini memberi harapan kemungkinan ada kura-kura besar itu di Galapagos. Namun, penelitian terakhir itu tidak disertai informasi lebih lanjut.

Dari jejak dan kotoran yang ditemukan, para peneliti yakin masih ada beberapa anggota spesies termaksud di kepulauan itu. Jadi kemungkinan mereka telah berkembang biak.

“Mereka butuh kura-kura lain, tapi kura-kura betina menyimpan sel telur dalam jangka waktu lama. Jadi, masih ada harapan,” ujar Stuart Pimm, Profesor ekologi konservasi dari Duke University.

Tidak seperti kebanyakan spesies kura-kura raksasa lainnya, ancaman terbesar bagi kura-kura raksasa Fernandina bukanlah manusia.

Kura-kura ini disebut sangat terancam punah. Para ahli justru berpendapat telah punah akibat letusan gunung yang mengakibatkan aliran lahar di hampir seluruh pulau.

Fernandina adalah pulau terbesar ketiga di Galapagos dan memiliki salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, La Cumbre. Kepulauan ini terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer (620 mil) dari daratan Ekuador.

Kepulauan Galapagos terkenal karena flora dan fauna yang unik sehingga naturalis Charles Darwin terinspirasi menulis studi tentang evolusi pada 1859, The Origin of Species. Kawasan itu kemudian dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1979.

Dengan pemindahan kura-kura Fernandina betina yang baru ditemukan ini, maka tim dari Taman Nasional Galapagos dan Konservasi Galapagos juga bisa melakukan upaya konservasi terhadap spesies ini.

Taman Nasional Galapagos dan Konservasi Galapagos tercatat berhasil membiakkan berbagai spesies kura-kura yang sempat terancam punah melalui upaya konservasi.

Salah satunya menurut National Geographics(22/2) adalah kura-kura Espanola yang tadinya hanya tersisa 14 ekor. Setelah dilakukan konservasi, jumlahnya sudah lebih dari 1.000 ekor.

Selain itu, sebanyak 15 spesies kura-kura Galapagos juga pernah diidentifikasi di sana, dua telah punah dan 12 terancam punah. Kura-kura raksasa”Lonesome George”(Chelonoidis abingdonii) dari Pulau Pinta di wilayah utara Kepulauan Galapagos juga telah tewas pada 2012. Ia merupakan jenis terakhir dari jenisnya.

Tetapi bagi Tapia, penemuan kura-kura raksasa Fernandina lebih dari sekadar kembalinya suatu spesies.

“Kura-kura di Galapagos seperti insinyur ekosistem,” katanya. “Mereka berkontribusi pada penyebaran benih dan membentuk ekosistem. Peran ekologis itu sangat penting.”

Ekspedisi lanjutan rencananya akan dilakukan akhir tahun ini di Pulau Fernandina dengan tujuan mencari lebih banyak kura-kura jenis ini.

Jika ada kura-kura Fernandina lain yang ditemukan, maka peneliti berharap kura-kura ini bisa berkembang biak dan dibesarkan lalu dikembalikan ke habitat mereka di Pulau Fernandina.

Sumber : Time / Channel News Asia / CNN

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!21 jam lalu

Jika Bumi Tidak Memiliki Bulan

MENURUT sebuah laporan astronom Karen Masters yang ditulis pada tahun 2000 lalu, jika Bumi tidak memiliki Bulan maka tidak akan...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Jumlah LIKE, Sebentar Lagi Tidak Bisa Dilihat di Instagram

DIAM-DIAM Instagram sedang menguji coba desain baru, yang di dalamnya media tersebut tak lagi akan membeberkan informasi tentang berapa banyak...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Goodbye BBM!

PT Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK) secara resmi mengumumkan penghentian operasi Blackberry Messenger (BBM). Aplikasi perpesanan yang sempat populer di tahun...

Pilihan gowest.id4 hari lalu

Bayi Lahir Normal dan Caesar Punya Usus Yang Beda

BAGAIMANA cara bayi dilahirkan ternyata memainkan peran penting dalam perkembangan susunan bakteri di dalam usus yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan...

Histori4 hari lalu

Nomor-Nomor Punggung Yang Dipensiunkan

JIKA kamu melihat klub West Ham bertanding ,carilah pemain yang menggunakan nomor punggung Enam. Niscaya itu hanya membuat kamu lelah....

Pilihan gowest.id4 hari lalu

Tabel Periodik Tertua di Dunia

SEBUAH tabel periodik tertua di dunia disebut-sebut telah menampakkan wujudnya. Sang penemu tak lain seorang ahli kimia bernama Alan Aitken....

Histori6 hari lalu

Tragedi Hillsborough Dalam Kenangan

TANGGAL 15 April adalah tanggal berkabung untuk pendukung klub Liverpool . Di Tanggal 15 April 1989 Liverpool bertanding melawan klub...

Hidup Sehat6 hari lalu

Kebiasaan – Kebiasaan yang Merusak Ginjal

GINJAL punya banyak fungsi penting untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain untuk menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan...

Pop & Roll6 hari lalu

Album Baru Ahmad Dhani Dari Penjara

AHMAD Dhani tetap berkarya meskipun berada di penjara. Buktinya, musisi 46 tahun itu meluncurkan boxset bertajuk Ahmad Dhani Indonesia Songbook vol...

Ide1 minggu lalu

10 Aplikasi Untuk Buat Logo Tanpa Ribet

LOGO merupakan salah satu aspek paling vital dalam dunia usaha atau organisasi karena mencerminkan identitas dan filosofi. Jika dulu membuat...