Terhubung Dengan Kami

Ini Batam

Terima Lahan Hibah, BLK Dibangun Lagi di Batam

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Foto : © mediacenter Batam

LAHAN untuk pembangunan balai latihan kerja (BLK) di Kota Batam sudah diserahterimakan dari PT Kabil Citra Mas kepada Kementerian Tenaga Kerja.

Serah terima ditandai dengan penandatanganan perjanjian hibah di Auditorium PT SMOE Kawasan Industri Terpadu Kabil, Jumat (29/11) pekan kemarin.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Bambang Satrio Lelono mengatakan tahap selanjutnya adalah menunggu izin peralihan hak keluar dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Kami harap proses selanjutnya, BP Batam bisa segera terbitkan keputusan tentang izin peralihan hak ini. Sehingga kami bisa segera lakukan pembangunan BLK. Tentunya saya yakin karena sudah satu panglima di sini, Wali Kota merangkap Kepala BP, mudah-mudahan semua lancar,” tutur Bambang.

Ia mengatakan hibah lahan seluas 4 Hektare ini merupakan hal yang menggembirakan bagi Kemenaker. Karena cita-cita membangun BLK di Batam akhirnya segera tersampaikan.

“Rencana membangun BLK ini panjang ceritanya. Mulai dari Tanjunguncang tapi tak jadi. Kemudian disiapkan tanah di Setokok 15 Hektare juga tak jadi. Lalu di Sambau Nongsa juga tak jadi. Selanjutnya Tanjunggundap pun tak jadi. Kenapa? Karena tanah yang disiapkan itu belum clean and clear. Kalau belum clean and clear kami juga tak berani membangun BLK,” paparnya.

Padahal, sambung Bambang, sejak dua tahun lalu anggaran sudah disiapkan. Tapi pembangunan tak kunjung bisa dilakukan karena masalah lahan ini.

“Sekarang sudah dapat lahan hibah. Kementerian Tenaga Kerja juga sudah mengalokasikan anggaran untuk tahun depan. Mudah-mudahan tahun depan juga BLK sudah bisa beroperasi,” sebutnya.

Semua ini menurutnya sangat pas dan sejalan dengan prioritas pembangunan yang diusung Presiden Joko Widodo di periode kedua kepemimpinannya. Yaitu ada lima prioritas pembangunan yang satu di antaranya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Mudah-mudahan dengan begini kita bisa meningkatkan daya saing. Juga bersamaan dalam dua tahun ini Batam menggeliat kembali. Ini suatu hal luar bisa,” tuntasnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad atas nama Pemerintah Kota Batam menyampaikan kepada Kementerian Tenaga Kerja dan PT Kabil Citra Mas. Karena memang untuk membangun Batam ini harus ada upaya kolektif. Tak cuma pemerintah pusat dan daerah tapi juga swasta.

“Sejatinya BLK ini sudah terbangun dari kemarin. Ini menunjukkan Kementerian concern dalam membantu Batam. Tapi kami sadar tak mudah memang kalau terkait urusan lahan, apalagi kalau harus clean and clear,” ujarnya.

“Syukurlah akhirnya Kabil ingin berpartisipasi membantu pemerintah. Ini menjadi solusi. Artinya harus ada upaya kolektif untuk pembangunan kapasitas SDM ini,” sambung Amsakar.

Ia mengatakan setidaknya sudah 7.000-an orang yang Pemko Batam latih tiga tahun terakhir. Meski jumlah peminatnya jauh lebih banyak. Ini memperlihatkan adanya harapan yang besar dari masyarakat untuk mengambil kesempatan kerja di Batam. Selain itu masyarakat juga melihat Batam sebagai salah satu negeri harapan. 

“Angka sekitar 2.500 per tahun ini menunjukkan bahwa kami masih memiliki keterbatasan untuk melatih tenaga kerja yang ada. Di balik itu kita memang berupaya mencetak SDM berkualitas. Karena itu, ketika BLK sudah jadi, harapan kami dalam satu tahun bisa beberapa kali pelatihan dilakukan. Jadi jumlahnya tak berhenti di angka 2.000-an,” kata Amsakar.

(*)

Advertisement



Klik untuk memberi komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Google Bakal Cegah Orang Nonton Youtube Berlebihan Dengan Cara Ini

MENONTON YouTube merupakan pilihan banyak orang saat karantina di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Namun, menonton terlalu lama tentu tak...

Histori2 minggu lalu

Kisah Sahang dan Gambir di Kepulauan Riau

MASA depan Kabupaten Lingga itu di sektor pertanian. Sejarah masa lampau negeri termasyur yang menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Riau Lingga...

Hidup Sehat3 minggu lalu

Sehat Jiwa di Masa Pandemi Covid-19. Tips Sehat dari Dokter Spesialis Kejiwaan RSBP Batam

PANDEMI Covid-19 (virus Corona) menjadi tantangan bagi tenaga kesehatan di dunia, termasuk di Indonesia, Provinsi Kepri dan Batam. Covid-19 tidak...

Gaptek? Gak Lah!3 minggu lalu

Menyalin Tulisan Tangan Dengan Google Lens

GOOGLE telah menambahkan fitur baru yang sangat berguna ke Google Lens. Kini, kalian bisa menyalin dan menempelkan (copy and paste)...

Histori3 minggu lalu

Menolak Lupa ; Tentang RA. Srimulat

RADEN Ayu Srimulat (7 Mei 1908-1968) adalah pemain sandiwara panggung, pemain film dan penyanyi di era akhir 50-an sampai akhir...

Gaptek? Gak Lah!3 minggu lalu

ADU HEMAT KUOTA | Zoom, WebEx Atau Google Meet?

KEBIJAKAN agar bekerja dari rumah membuat sebagian besar pekerja harus menggunakan aplikasi video telekonferensi tetap produktif. Sejumlah aplikasi seperti Zoom,...

Otto Keren!4 minggu lalu

Mini Wuling Seharga Rp. 90 Juta

WULING telah memperkenalkan mini-EV baru yang diberi nama Wuling Hongguang. Mobil listrik tiga pintu dan empat kursi ini hadir dalam...

Ide1 bulan lalu

10 Ide Fotografi di Rumah

SAAT kita diminta untuk berdiam diri #DiRumahSaja , pasti ada kejenuhan yang mendera. Sejak wabah COVID-19 melanda negeri kita awal...

Histori1 bulan lalu

Honda FC50, Nenek Moyang Beat

NETIZEN banyak yang kaget dengan tampilan nenek moyang motor matik Honda BeAT yang mulai bamyak diposting di facebook. Leluhur Honda...

Pop & Roll1 bulan lalu

Tawaran Gratis Dari Google Meet

MULAI bulan Mei ini, Google mulai menggratiskan layanan video conference mereka untuk semua pemilik akun Google, yaitu Google Meet. Siap caplok pengguna Zoom? Sebelumnya,...

Advertisement