Hubungi kami di

Pendidikan

5 Perpustakaan Anak dengan Interior Keren dan Nyaman di Dunia

Terbit

|

Ilustrasi, perpustakaan anak "My Tree House" di Singapura. © Foursquare

BEBERAPA negara cukup peduli terhadap kegiatan membaca bagi anak, khususnya negara maju. Mereka kemudian menyediakan fasilitas perpustakaan publik yang nyaman dan membuat anak-anak betah membaca di dalamnya.

Yuk, cek seperti apa perpustakaan anak di lima negara berikut ini!

1. Picture Book Library, Iwaki, Jepang

Picture Book Library, Iwaki, Jepang

Arsitek perpustakaan ini, Tadao Ando, awalnya mendesain bangunan ini khusus untuk melayani 3 sekolah pre-school saja. Tapi ketika akses dibuka pada jam kerja, masyarakat sekitar juga ikut mengunjungi perpustakaan ini untuk menikmati koleksi buku anaknya. Perpustakaan ini akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2005.

Dekorasi di dalam gedung minimalis, sebagian besar hanya berupa rak-rak terbuka yang menampilkan koleksi buku anak. Material yang digunakan hanya 3, yaitu beton, kayu dan kaca. Warna-warna yang membuat suasana interiornya hidup muncul dari sampul-sampul buku yang diposisikan menghadap depan pada raknya.

Dalam 10 bulan pertama sejak dibuka, pengunjung perpustakaan ini mencapai 6000 orang. Gedung ini dianggap sebagai salah satu dari 25 gedung perpustakaan paling modern di dunia. Bukan cuma anak-anak yang menikmati berada di sini, orang dewasa juga!

2. My Tree House, Singapura

My Tree House, Singapura

Masuk ke dalam perpustakaan ini seperti berada di dunia lain. Tema interiornya membawa pengunjung seolah berada di sebuah hutan dengan warna-warna alam yang cantik.

Bagian tengah perpustakaan adalah sebuah rumah pohon yang terbuat dari 5.000 botol plastik daur ulang. Dengan rak-rak buku yang sudah diperbaharui, lampu LED serta kayu-kayu hasil daur ulang, menjadikan My Tree House perpustakaan hijau pertama di dunia untuk anak-anak.

BACA JUGA :  Daftar Situs Yang Diblokir Oleh Kuota Internet Dari Kemendikbud Ristek

Bahkan sebanyak 30 persen dari total koleksinya adalah buku-buku dengan topik penghijauan dan tentang alam seperti hewan, tumbuhan, cuaca dan lain sebagainya.

3. Abu Dhabi Children Library, Uni Emirat Arab

Abu Dhabi Children Library, Uni Emirat Arab

Perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai, dengan luas total 5250 meter persegi. Interiornya dibagi menjadi beberapa area berdasarkan usia anak. Lantai dasar digunakan untuk area pameran dan workshop, sedangkan lantai pertama yang bertemakan gurun didedikasikan untuk anak usia 0 hingga 11 tahun.

Lantai paling atas untuk anak berusia 11 tahun lebih. Antara lantai satu dan dua, terdapat tangga-tangga besar yang bisa dijadikan sebagai area duduk dan area baca.

Terdapat lebih dari 35.000 buku di perpustakaan yang memiliki desain berbeda dan unik ini.

Di dalam gedung kamu akan menemukan area membaca yang tenang, ruang untuk aktivitas grup, rumah pohon, bahkan ada ayunan juga! Di lantai atas juga terdapat pusat teknologi, di mana anak bisa bermain game edukasi, belajar animasi bahkan belajar membuat aplikasi.

4. Thomas Hughes Children Library, Chicago, Amerika

Thomas Hughes Children Library, Chicago, Amerika

Perpustakaan anak yang berlokasi di lantai dua dari Harold Washington Library Centre ini, memiliki interior yang kaya warna dan membuat anak-anak betah di dalamnya.

Areanya terbagi menjadi 3 bagian sesuai usia; 0-5 tahun, 6-9 tahun dan 9-13 tahun. Masing-masing area didesain semaksimal mungkin untuk mengembangkan keterampilan anak sesuai usianya.

BACA JUGA :  PTM 100% Pada 2022 Disebut Belum Memungkinkan

Area untuk balita misalnya, difokuskan pada pengembangan kemampuan literasi, bermain dengan mainan yang sesuai usia, serta mendorong mereka untuk bersosialisasi dengan anak seusianya. Untuk anak usia 6 hingga 9 tahun, mereka diberikan kesempatan untuk menemukan cara baru untuk belajar.

Ada alat cetak 3D yang dapat digunakan anak-anak untuk mencetak kreasi mereka lho. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, alat-alat yang digunakan juga lebih canggih, seperti robot, mesin jahit, layar hijau dan teknologi keren lainnya yang pastinya menarik bagi anak pra-remaja.

5. Brentwood Children Library, Tennessee, Amerika

Brentwood Children Library, Tennessee, Amerika

Masuk ke perpustakaan ini, seperti masuk ke negeri dongeng. Bukan cuma anak-anak yang akan terkagum-kagum dengan interiornya yang  bertema hutan dalam dongeng ini, orang dewasa juga!

Dekorasi buatan berupa pohon-pohon tua dan buku-buku super besar menghiasi perpustakaan ini. Kegiatan  yang diadakan di sini cukup beragam, mulai dari yoga untuk anak, klub catur, mendongeng bahkan acara lego pun juga ada. Jangan lupa untuk membawa kamera ya jika ke sini, sayang sekali jika interiornya yang unik ini tidak diabadikan!

Keberadaan perpustakaan anak dalam sebuah kota, adalah sebuah kebutuhan jika ingin membentuk anak-anak untuk mencintai buku sejak dini.

Apalagi jika interiornya didesain semenarik mungkin seperti lima perpustakaan di atas. Semoga suatu saat nanti masing-masing kota di Indonesia punya perpustakaan anak yang keren ya!

(*)

Sumber : IDNTimes

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook