PENGGUNA motor dan mobil merk Honda di Indonesia tergolong banyak. Tapi mungkin belum banyak yang tahu kenapa logo merk itu di sepeda motor dan mobil dibedakan.
Jangan-jangan ini termasuk kamu juga?
Coba cek, logo mobil Honda pakai huruf “H”, sedangkan untuk motornya memakai logo berbentuk sayap.
Jika menyangka karena ada perbedaan agen pemegang merek (APM) untuk mobil yaitu PT Honda Prospect Motor (HPM) dan motornya oleh PT Astra Honda Motor (AHM), sepertinya belum tepat.
Karena perbedaan logo ini berlaku global di seluruh dunia. Kalau mobil “H” dan motor pasti sayap.
Sejarah
KISAHNYA dimulai dari logo motor dulu yaitu sayap mengepak, mari kilas balik sebentar ke tahun 1948.
Pada tanggal 24 September 1948, Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company.

Saat membuat pabrik motor pertamanya, Soichiro Honda terinspirasi dari Dewi Nike (Nenikhamen) yang punya sayap besar di punggungnya.
Dewi Nike adalah Dewi Kemenangan & Keberhasilan (Victory) dalam mitologi Yunani Kuno. Ini menginspirasi Soichiro Honda yang bermimpi ingin produknya sukses.
Lalu kenapa mobil Honda tidak ikutan pakai sayap tapi malah huruf H?
Dilansir dari GridOto dan buku Car Emblems, The Ultimate Guide to Automotive Logos Worldwide karangan Giles Chapman yang diterbitkan oleh Chartwell Books, sejarahnya, Soichiro Honda mulai bikin mobil pada tahun 1962 dengan memproduksi Honda S360 dan T360.

Tapi ia ingin ada perbedaan logo antara motor dan mobil buatannya, jadi ia tidak mau memasang logo sayap yang sama persis seperti di motor-motor Honda.
Tentunya desain logo mobil Honda pada awalnya tidak seperti sekarang, Huruf H-nya terlihat lebih lebar dan masih terlihat seperti sayap yang mengembang.
Bisa lihat di mobil produksi massal pertamanya yaitu Honda T360. Logo huruf H tersebut malah bukan jadi emblem tapi jadi motif besar di bagian mukanya.
Sebagai produk Jepang, Honda sengaja pilih logo sederhana berupa huruf untuk mobilnya karena ingin terlihat bergaya mobil Amerika yang sering sekali logonya cuma huruf.
Lalu perhatikan lagi huruf H yang lebar di atas dibandingkan bagian bawahnya. Itu terlihat seperti sayap yang terkembang dan maksudnya ingin produk mobilnya berkembang.
Tapi logo tersebut juga terlihat seperti orang yang sedang mengangkat kedua tangannya dengan lebar ke langit.
Terlihat seperti orang yang optimis menghadapi dunia dan menggapai mimpi-mimpinya? Ya, memang itu maunya Honda karena sesuai dengan motto perusahaannya yaitu ‘The Power of Dreams‘.
Sama seperti logo sayap Honda di motor yang terus mengalami perkembangan, logo mobil Honda juga terus berubah-ubah hingga huruf H yang dikenal sekarang.
Siapa yang sangka ya, ternyata logo mobil Honda yang sekilas seperti huruf saja, ternyata punya makna yang cukup dalam.
Sumber : GRID OTTO / buku Car Emblems, The Ultimate Guide to Automotive Logos Worldwide