Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Bill Gates Sebut Bitcoin Berbahaya

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, bitcoin

BITCOIN sedang menjadi primadona karena mencapai rekor nilai tertinggi sepanjang masa. Namun, salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, punya pandangan negatif soal mata uang digital itu.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan The Wall Street Journal, Bill Gates mengatakan Bitcoin dan aset digital crypto currency lainnya mungkin berbahaya, karena bisa mendukung terjadi aktivitas kriminal tertentu.

Oleh karena itu, Gates menyarankan untuk menyingkirkan Bitcoin.

“Cara kerja cryptocurrency saat ini memungkinkan adanya aktivitas kriminal tertentu. Akan bagus untuk menyingkirkan itu,” kata Gates seperti dikutip Market Watch.

Komentar dari pendiri Microsoft itu menyiratkan bahwa dia bukanlah penggemar bitcoin, tetapi komentarnya juga mungkin hanya menunjukkan bahwa dia merasa bahwa cryptocurrency rentan terhadap penyalahgunaan oleh penipu dalam skema pencucian uang.

Di sisi lain, dalam wawancaranya dengan CNBC, Gates mengambil sikap yang lebih netral terhadap Bitcoin. Ia mengaku tidak punya Bitcoin dan tidak melakukan proses jual-beli salah satu jenis cryptocurrency itu.

“Saya tidak memiliki Bitcoin, saya tidak melakukan proses menjual Bitcoin, jadi saya mengambil pandangan netral,” katanya dalam wawancara yang ditayangkan di acara “Sqawk Box.

Meski Gates dianggap memiliki pandangan yang visioner, ia tidak bisa meramalkan perkembangan Bitcoin ke depan. Ia menjelaskan naik dan turunnya Bitcoin berdasarkan antusiasme atau keinginan yang berlebihan, sehingga sulit diprediksi.

BACA JUGA :  Digitalisasi Sektor Medis, Kominfo Ingatkan Keamanan Data Pengguna

Gates juga telah berpikiran untuk melakukan transaksi digital untuk penggalangan dana yayasannya Bill and Melinda Gates Foundation. Namun, belum tertarik untuk mengadopsi Bitcoin.

“Saya pikir memindahkan uang ke bentuk yang lebih digital dan menurunkan biaya transaksi, itu adalah sesuatu yang dilakukan Bill and Melinda Gates Foundation di negara berkembang,” terangnya.

Pandangan Gates soal Bitcoin rupanya tidak berubah sejak 2018. Pada saat itu, miliarder ini tidak merasa yakin dengan masa depan Bitcoin. Gates justru menilai mata uang virtual itu bukanlah sesuatu yang baik.

Gates sempat mengatakan bahwa seseorang pernah memberinya Bitcoin untuk ulang tahunnya, tetapi ia menjualnya beberapa tahun sesudahnya. Walaupun mengkritik keras tentang nilai mata uang kripto, Gates mengakui penggunaan teknologi blockchain memiliki kelebihan.

Blockchain menghilangkan kebutuhan perantara pihak ketiga, seperti bank, karena dengan segera dapat membuat catatan transaksi yang aman dan permanen antara dua pihak, sehingga dapat menekan penyalahgunaan atau korupsi.

(*)

Sumber : Market Watch / CNBC / Kumparan 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook