Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Daya Tarik Rumah Mungil

nien bagaskara

Terbit

|

BANYAK orang mendambakan punya rumah besar dan luas. Banyak alasannya. Terutama karena faktor kenyamaan, kebanggaan yang berkaitan dengan kemakmuran dan konstruksi yang telah lama berkembang di masyarakat bahwa rumah besar itu yang terbaik.

Padahal, ukuran rumah besar atau kecil itu hanya tergantung pada “cara menerima” dan “cara mengelolanya”.

Berapa pun ukuran rumah tetap bisa memberikan kenyamanan, keamanan, kebanggaan dan daya tarik tersendiri, bila Anda menerima dan tahu cara mengelolanya.

Misalnya seperti tiga daya tarik dari rumah kecil berikut ini yang kami lansir dari bisnis.com.

Bagi kamu yang kurang suka dengan rumah kecil, tahukah bahwa ukuran kecil mendatangkan banyak manfaat juga? Ini beberapa di antaranya:

Penghematan

Ukuran rumah yang kecil tentu berimbas pada pengeluaran. Misalnya dana untuk sarana, prasarana, hingga biaya perawatan yang lebih terjangkau. Rumah kecil tak membutuhkan banyak furnitur karena berisiko mempersempit ruangan.

Perabotan yang sedikit tentu membuat biaya perawatan bisa diminimalisir. Sehinga pengeluaran jauh lebih hemat bila dibandingkan dengan rumah besar dan luas.

Penghematan juga termasuk dalam penggunaan energi. Penerangan yang dibutuhkan lebih sedikit, begitu juga dengan penggunaan air. Dengan kata lain, banyak hal penting yang tampaknya sepele, tapi berpengaruh besar pada penekanan pengeluaran.

BACA JUGA :  Polisi Tetapkan 6 Tersangka Dalam OTT Kepala Dinas Bandung

Kebebasan

Dibanding rumah besar, rumah kecil cenderung menawarkan kebebasan. Alasannya, rumah kecil minim fasilitas, jadi ketika hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama, rasa was-was cenderung lebih kecil. Rumah pun lebih mudah dikontrol dan diawasi.

Pemilik rumah kecil juga relatif terhindar dari stres. Rumah besar membuat penghuninya perlu meluangkan lebih banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Misalnya dalam hal perawatan, penggunaan, dan kebersihan.

Pemilik rumah umumnya merasa malas, lelah dan stres saat waktunya bersih-bersih. Hal ini biasanya tak akan terjadi bila rumah berukuran kecil.

Kreativitas

Terbatasnya ruangan di rumah kecil biasanya mendorong seseorang untuk mengasah kreativitasnya. Pneghuni rumah perlu pandai-pandai menyiasati rumah kecil agar tampak melegakan, nyaman dan menyenangkan.

Contohnya mengunakan tempat tidur bertingkat, tempat tidur yang menyatu dengan meja belajar, dan sebagainya. Sejumlah perabotan multifungsi hingga tips trik mengatasi ruangan terbatas di rumah kecil sudah banyak dibagikan di berbagai media.

Tugas pemilik rumah kecil hanyalah berkreasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Jadi, jangan merasa minder ketika rumah Anda berukuran kecil. Nikmati saja sambil mengusahakan mewujudkan impian memiliki rumah besar, bila memang menginginkannya. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook