Hubungi kami di

Ini Batam

Disbudpar Batam Dukung Pengembangan Subsektor Ekonomi Kreatif

Terbit

|

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, (dua dari kiri) bersama Gekraf membahas pengembangan ekonomi kreatif di Kota Batam, Kepri. F. Disbudpar Batam

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, mendukung Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) dalam mengembangkan 17 subsektor ekonomi kreatif (ekraf).

Menurut Ardiwinata, jika ekonomi kreatif tumbuh dan berkembang, maka pada akhirnya akan meningkatkan sektor pariwisata karena ekraf menghasilkan produk.

Terlebih, kata Ardi, nantinya Gekraf akan melakukan kegiatan Batam Creative Festival (BCF) pada 22-25 September 2023.

“Event BCF ini salah satu media kampanye Gekraf di Kota Batam untuk mengakomodasi 17 subsektor ekonomi kreatif, yang disajikan dalam bentuk bazar kuliner, pameran, aneka perlombaan, dan pertunjukan,” kata Ardi, Minggu (18/9/2022).

BACA JUGA :  Bisa Gantikan Nasi, Pemkab Bintan Ajak Warga Konsumsi Sorgum

Sementara itu, Ketua Gekraf Kota Batam, Susanna, menyebutkan pekerjaan desain, kriya, musik, kuliner, dan broadcasting adalah bagian dari subsektor ekonomi kreatif.

“Desain arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, desain interior dan desain fesyen adalah bagian dari subsektor ekonomi kreatif. Termasuk kriya, musik, broadcasting dan kuliner,” kata Susanna.

“Saat ini kan yang paham tentang ini masih segelintir orang saja. Maka ini menjadi misi Gekraf untuk mengkampanyekan ini, khususnya di Kota Batam,” sambungnya.

Menurut dia, belum banyak masyarakat yang memahami mengenai sektor ekonomi kreatif, sehingga perlu untuk terus mengampanyekan gerakan ini.

BACA JUGA :  Bakamla Bangun Rusun untuk Personel di Batam

“Kami perlu menggalakkan ini agar masyarakat semakin sadar dengan kehadiran dan nilai para pekerja kreatif,” ujarnya.

Menurut dia, kreativitas tidak sebatas hobi, tapi juga memiliki nilai ekonomis dan bisa memberi dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan industri pariwisata, sehingga perlu didukung.

“Selain untuk menghibur masyarakat, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menjaring dan menggali potensi ekonomi kreatif yang ada di Kota Batam,” terangnya.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid