Hubungi kami di

Budaya

Ekspresi Keceriaan Anak Suku Laut Melalui Lukisan

ilham kurnia

Terbit

|

Anak Suku Laut Ekspresikan Keceriaan Lewat Lukisan. Ist.

ANAK Suku Laut di Kampung Kawal Pantai, Bintan terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan kreasi lukisan bersama Komunitas Lukis Tanjungpinang yang menamakan dirinya ‘adaptasidiri’.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Lurah Kawal Wiryawan Wira, keceriaan berlangsung di Ex Gedung Perikanan Kawal, Minggu (14/3/2021) kemarin.

Baba, mewakili komunitas adaptasidiri mengatakan bahwa kegiatan ini memang berlangsung setiap pekannya dengan lokasi dan tema yang beragam.

“Rutin tiap minggu, temanya beragam. Intinya kita ingin mengangkat berbagai keunikan yang ada. Di samping itu, kita mau hasil gambar juga berasal dari tangan mereka langsung,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pemuda Kawal Pantai Miswandi yang menjadi penghubung mereka menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga dengan kegiatan ini.

“Ekspresi mereka luar biasa. Ceria, ketawa, bahagia semua. Mereka semangat kalau kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Kali ini tema yang dipilih adalah Suku Laut yang ada di Kampung Kawal Pantai.

Dengan keunikan, kekayaan nilai budaya dan sosio kultural, Suku Laut memang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa untuk diangkat ke permukaan.

BACA JUGA :  Janda Bolong Yang Lagi Naik Daun

Wira sendiri saat ditemui disela-sela waktunya sedang menggambar, dengan semangat mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung jika keindahan Suku Laut kembali diperkenalkan walau pun lewat media gambar.

“Ini salah satu kekayaan yang kita punya. Walau banyak masyarakat luar yang menganggap Suku Laut masih terbelakang, tapi pada kenyataannya mereka sudah berkembang dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, semua hidup berdampingan,” paparnya.

Dengan tema Suku Laut, Wira menyampaikan gagasannya agar kegiatan ini diberi judul “Suku Laut Jaman Now”.

“Anak-anak senang semua. Kami sangat senang dan kami bangga” kata Johanes, salah seorang pemuda di pemukiman Suku Laut Kawal Pantai.

(*)

Sumber : bentan.co.id 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook