MERESPON adanya jaringan pipa air bersih berukuran 500 mm di kawasan Hotel Vista mengalami kebocoran akibat adanya pergeseran tanah, Anggota/Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Ariastuty Sirait meminta maaf atas terjadinya gangguan layanan air bersih kepada warga.
Kebocoran ini berdampak pada gangguan suplai air bersih yang mengecil hingga terhenti di sejumlah titik. Adapun lokasi yang terdampak mulai dari kawasan Tanjunguma, Perumahan Sandona, Baloi View dan sekitarnya.
Ariastuty menegaskan komitmen BP Batam, untuk segera mengatasi persoalan ini agar pelayanan air bersih kembali maksimal.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan yang terjadi. Saat ini Badan Usaha SPAM, Fasilitas dan Lingkungan BP Batam tengah menggesa perbaikan pipa tersebut,” ujar Ariastuty Sirait, saat mendampingi Wakil Kepala BP Batam, Li Claudia Chandra, meninjau lokasi kebocoran, Senin (7/7/2025) pagi.
Ia menjelaskan, proses perbaikan ini meliputi penggantian pipa dari yang sebelumnya berbahan steel dengan pipa PE yang lebih fleksibel. Sehingga, dapat bertahan terhadap pergeseran tanah dan kerentanan lainnya.
Kepada warga terdampak, Tuty mengatakan, Air Batam Hilir menyiapkan mobil tangki untuk pelanggan yang mengalami gangguan air lebih dari 24 jam.
Mobil ini, dapat secara kolektif dikoordinasikan melalui Ketua RT/RW setempat hingga perangkat Kelurahan.
“Untuk memenuhi supply kebutuhan air bersih bagi pelanggan terdampak, kami siap mengirim mobil tanki air bersih. Permintaan mobil tangki ini, dapat langsung menghubungi melalui layanan resmi kepelangganan Air Batam Hilir atau call center kami.” tutupnya. (*)