Hubungi kami di

Budaya

Indonesianis yang Aktif Mempromosikan Gamelan di Rumania

Mike Wibisono

Terbit

|

Lucian Zbarcea, Indonesianis yang Aktif Mempromosikan Gamelan di Rumania.(Foto dok KBRI Bucharest)

DIPLOMASI budaya tidak hanya dilakukan oleh Perwakilan RI di Indonesia, namun juga secara aktif dilakukan oleh para WNI bahkan oleh para WNA yang mencintai kebudayaan Indonesia.

Lucian Zbarcea, seorang warga negara Rumania yang menikah dengan WNI asal Bali, Made Pradnyani Dewi merupakan pasangan yang aktif mempromosikan gamelan Indonesia di Rumania.

Lucian merupakan alumni jurusan seni musik Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Ia lolos seleksi program darmasiswa yang diinisiasi oleh Indonesia pada tahun 2006. Saat ini selain aktif sebagai dosen seni musik di Universitas Musik Nasional Bucharest – Universitatea Națională de Muzică București (UNMB), dia juga aktif di berbagai pertunjukan musik di Rumania dengan mengusung musik tradisional Indonesia, gamelan.

BACA JUGA :  Balimau Kasai | Tradisi Masyarakat Kampar di Batam Jelang Ramadan 1442 Hijriah

Tahun 2021 merupakan tahun kedua program gamelan di UNMB dengan peminat mencapai lebih dari 50 orang mahasiswa. Tahun pertama Lucian memperkenalkan gamelan jawa, dan diteruskan dengan gamelan bali untuk tahun kedua.

Lucian bercita-cita memperkenalkan musik gamelan ke masyarakat Rumania. Antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi membuat Lucian bersemangat melanjutkan misinya memperkenalkan gamelan lebih luas.

Indonesia senantiasa mendukung promosi kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia maupun para Indonesianis. Promosi kebudayaan yang aktif akan meningkatkan people-to-people connection yang bermanfaat bagi kedua negara.

(*)

Sumber: KBRI Bucharest
Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook