Hubungi kami di

Khas

Kadin Diminta Jadi Mitra Strategis Pemerintah Dalam Recovery Economy

iqbal fadillah

Terbit

|

KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepri menggelar acara Silaturahmi dan Dialog Ekonomi Ketua Umum Kadin se Wilayah Sumatera, Kamis (18/3) malam di Aston Hotel, Batam.

Dalam acara dialog yang bertemakan “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan Potensi Daerah Khususnya di Daerah Sumatera Pada Masa Pandemi Covid-19” tersebut, ikut hadir sebagai narasumber Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Wakil Ketua Umum Kadin pusat, Anindya N Bakrie dan Ketua Umum Kadin Kepri, Akhmad Ma’ruf Maulana.

Tampak hadir dalam acara sejumlah pengurus Kadin pusat, Ketua Umum Kadin Provinsi se Sumatera, dan sejumlah pengurus Kadin Kepulauan Riau.

Ketua Umum Kadin Kepri, Ahmad Ma’ruf Maulana, dalam sambutanya memaparkan terkait langkah-langkah yang telah diambil oleh Kadin Kepri dalam hal pemulihan ekonomi dan menggeliatkan kembali investasi di wilayah Kepri.

Sambutan Ketua Umum Kadin Kepri, Ahmad Ma’ruf Maulana. Photo : @Zhr/GoWestId

“Beberapa langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kadin Kepri seperti halnya Kawasan BBK murah, adalah upaya kita untuk menggeliatkan kembali gairah investasi di Kepri agar bisa bersaing dengan wilayah-wilayah ekonomi khusus dinegara-negara lain di Asia” kata Ma’ruf.

Kadin Mitra Strategis Pemerintah

GUBERNUR Kepri, Ansar Ahmad, dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagai organisasi para pelaku usaha dan mitra strategis pemerintah, diharapkan Kadin selalu berupaya untuk meningkatkan fungsi dan peran strategisnya.

Terutama, peran Kadin dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, serta meningkatkan kemampuan dunia usaha menjadi pelaku ekonomi yang andal.

“Pemprov Kepri akan terus membina hubungan dan kerja sama yang baik dengan semua pemangku kepentingan termasuk Kadin dan kalangan dunia usaha untuk mewujudkan sinergitas menuju pencapaian visi, misi, dan program kerja pemerintah Provinsi Kepulauan Riau,” kata Gubernur.

Dijelaskan Ansar Ahmad, ekonomi Kepri sempat terkontraksi minus 6,6 persen di awal pandemi Covid 19. Namun kondisi tersebut bisa ditekan sampai akhir tahun 2020, pertumbuhan ekonomi jadi minus tiga persen.

Sambutan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Photo : @Zhr/GoWestId

“Harapan kita, ekonomi Kepri bisa tumbuh plus 1,5 sampai 3,5 persen di tahun 2021. Untuk itu kontribusi Kadin sangat diharapkan untuk mendorong eskalasi perekonomian kita,” jelasnya.

BACA JUGA :  Sejarah Pajak Pulsa Versi Kemenkeu

Untuk itu, tambah Gubernur, upaya pengendalian Covid 19 terus dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif. Mulai dari aktivasi Satgas Penegakkan Disiplin Pencegahan Covid 19 sampai vaksinasi yang masif ke semua kalangan agar persoalan Covid 19 bisa ditekan sampai seminimal mungkin.

“Saya yakin Kadin juga punya konsep yang sama dalam hal ini. Karena kalau masyarakat kita sehat, maka usaha dan ekonomi bisa bangkit. Teman-teman Kadin juga akan punya peluang yang besar dalam pengembangan usaha,” kata Gubernur.

Gubernur minta masukan tentang inovasi dan kreativitas pengembangan ekonomi dari Kadin agar ekonomi Kepri terus tumbuh positif sehingg mampu menjadi salah satu lokomotif ekonomi nasional di masa yang akan datang.

Gubernur juga mendorong Kadin berkolaborasi untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada di Kepulauan Riau. Apa lagi Batam Logistic Ecosystem (BLE) sudah dilaunching maka peluang bisnis makin kompetitif dan sebuah kesempatan bagi Kadin untuk lebih mengembangkan usahanya.

“Tadi Menko Maritim dan Investasi Pak Luhut dan Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani sudah melaunching BLE di Batam. Ini peluang bagi Kadin untuk pengembangan usaha dengan sistem ekspor dan impor yang lebih mudah, murah dan kompetitif. Kita optimis peran Kadin sangat strategis dalam membantu kita dalam merecovery perekonomian daerah kita,” tutup Ansar.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin pusat, Anindya Bakrie menyampaikan rasa optimismenya ditahun 2021 ini, perekonomian Indonesia terutama di Kepri dan wilayah Sumatera akan berangsur membaik.

Menurut pria yang digadang-gadang jadi calon Ketua Umum Kadin pusat ini, pulihnya kembali krisis ekonomi sebagai efek adanya krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 ini, seiring dengan mulai meredanya kasus Covid-19 diberbagai daerah di Indonesia khususnya di Kepri.

Sambutan Wakil Ketua Umum Kadin Pusat, Anindya Bakrie. Photo : @Zhr/GoWestId

“Saya optimis ditahun 2021 ini, paling tidak akhir tahun nanti, perekonomian kita akan segera pulih seiring dengan mulai meredanya pandemi Covid-19” katanya.

*(Zhr/GowestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook