BAGI masyarakat di Kepulauan Riau, siapa yang tak kenal gonggong; jenis siput yang jadi panganan khas daerah setempat. Namun, di sini kita tidak membahas gonggong yang dikonsumsi, melainkan ikon event Rise of The Sneakers (RoTS) yang ditaja oleh Simplemind Communication.
Simplemind memiliki ikon unik untuk kegiatan RoTS tahun 2023 ini, bergambarkan kepala gonggong dengan mengenakan sneakers. Ikon tersebut diberi nama Double G.
“Double G ini merupakan gambaran dari sneakerhead yang menyukai budaya sneakers internasional tanpa melupakan dari mana ia berasal,” kata CEO Simplemind Communication, Yasser Hadeka Daniel.
Mengenal Event RoTS di Batam
Setelah berhasil menggelar RoTS pada Januari 2022 lalu di Park Avenue, Kota Batam, Kepulauan Riau, kini Simplemind Communications akan kembali menghadirkannya untuk pecinta sneakers di Bandar Dunia Madani.
Simplemind Communications merupakan agensi sneakers besar di Jakarta dan Batam. Mereka telah menjelajahi dunia sneakers selama hampir tiga tahun dan hingga kini terus aktif mengembangkan scene yang memenuhi minat besar akan sneakers.
Creative Director Simplemind Communications, Israndi Pasopati, mengatakan, RoTs merupakan event sneakers yang menyatukan beberapa retailers maupun sneakers sellers lokal hingga internasional.
Menurut Randi, RoTS akan menjadi gerbang produk lokal Indonesia menjadi pasar internasional. Dikarenakan letak strategis antara Batam dengan Malaysia dan Singapura.
“Tujuannya juga untuk mengeksplorasi potensi sneakers Batam di pasar nasional dan internasional. Mendukung produk lokal untuk memasarkan produk mereka secara nasional,” kata Randi.
Menurutnya, saat ini kaum muda lebih cenderung berinvestasi pada sepasang sepatu sneakers sebagai simbol status. RoTS, bagi dia, menjadi jawaban akan keinginan tersebut. Melalui proses kurasi spesifik, Rise of the Sneakers menghadirkan deretan merek sneakers yang mampu memaknai nilai generasi muda saat ini dengan tepat.
“Mereka ingin satu pengalaman yang personal, terkoneksi dengan diri masing-masing, dengan detail yang dirasa mampu merepresentasikan jati diri dan gaya hidupnya,” ujarnya
“Sneaker memiliki potensi sangat besar mengingat irisan komunitasnya yang sangat luas seperti Hip Hop (musik), DJ, graffiti, streetball or freestyle, basketball, breakdance dan banyak lainnya,” tambah Randi.
Tak hanya itu, mereka juga akan menggali kesenian khas tradisional Melayu, seperti tarian khas, untuk disatukan dengan kegiatan itu nantinya.
Hadirkan Merek Terkenal
Road to Rise of The Sneakers Batam akan menghadirkan deretan merek sneakers ternama seperti Nike, Adidas, Air Jordan, Vans, Puma. Edisi spesial seperti Nike SB Chocolate dan NB 992 WTAPS juga akan hadir khusus bagi pemuja sneakers Nike dan New Balance.
Edisi terbatas merchandise Rise of The Sneakers juga bisa didapatkan pengunjung seperti tumbler, T-shirt, totebag, dan bermacam lainnya yang tersedia langsung di lokasi event.
“Kita inin memberikan memori dan pengalaman unik bagi pecinta sneakers yang terhubung dengan Rise of The Sneakers,” kata dia.
Tambahnya, penggemar sneakers cenderung berani dan ingin mencoba sesuatu yang baru jika sejalan dengan nilai dan gairah pribadi. “Mengasosiasikan pengalaman individu saat memilih sneakers, terlebih bila ada rasa keterhubungan yang seolah dirancang khusus bagi mereka,” kata dia.
Menurutnya pengalaman dalam memilih sneakers penting karena pengalaman justru menambah signifikansi dan pertimbangan yang digunakan untuk membeli merek tertentu.
Potret RoTS 2023 di Grand Batam Mall
Di tahun 2023 ini, RoTS digelar di Grand Batam Mall mulai 31 Agustus hingga 3 September mendatang. Event itu menghadirkan 20 brand streetware tambahan lagi baik dari Jakarta, Batam, hingga Singapural.
CEO Simplemind Communication, Yasser Hadeka Daniel menuturkan, adapun brand streetware yang mengikuti event ini, mulai dari Urbain, Rowley, Kyoor Kicks, SFS Stoe, Daily Essentials, Legacy, Morning Monday, RUG Peace X RUG PNG, Vespasaurus, Premium Shoe Cleaner, SG Collection, 1998 Supply, Dirty Secret dan Voted
“Kalau masih kurang, RoTS juga menghadirkan booth yang menyediakan produk dari beberapa brand streetwear terkemuka seperti Kamengski, All March, Capslock, dan Crooz,” kata dia, saat ditemui, Kamis (31/8/2023).
Dengan tema “Breaking the Boundaries”, yang dimaknai sebagai sebuah intensitas untuk melampaui batasan, pihaknya juga ingin menginspirasi kreativitas, dan mendorong inovasi dalam industri sneakers. “RoTS juga kami proyeksikan sebagai gerbang bagi brand lokal untuk dapat go international,” katanya.
Simplemind ingin menjadi pintu gerbang bagi brand lokal sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan kreativitas komunitas dan generasi muda, serta lebih luas lagi bagi Batam.
“2023 menjadi istimewa bagi RoTS karena arah dan konsistensi kian jelas terlihat, hubungan telah terjalin dan nama RoTS sendiri makin dikenal bagi skala lokal, nasional maupun internasional,” ujar Deka.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata menuturkan, RoTS 2023 memenuhi skema pentahelix yang diusung oleh Pemerintah Daerah. Dimana terjadi kolaborasi dan partisipasi masyarakat, kerjasama dengan pemerintahan hingga melibatkan dukungan media, untuk menghadirkan satu agenda kegiatan kreatif yang dapat membangun potensi pariwisata Kota Batam.
“Kami harap RoTS akan terus membangun relasi dan menguatkan hubungan dengan komunitas muda Batam dan menjadi wadah yang positif,” tutupnya.
Sementara itu, Azis salah seorang pengunjung mengaku bahwa kegiatan itu sangat bagus bagi pecinta sneakers. Ditambah lagi para pengunjung dapat saling berbagi pengalaman terkait sneakers.
“Kita bisa ngobrol soal sneakers. Kita bisa tahu kenapa sneakers ini, kok, mahal harganya. Pameran ini selain menarik juga sebagai edukasi buat pencinta sneakers,” kata dia.
Dia tak sabar menunggu event RoTS selanjutnya, dimana ia yakin akan banyak koleksi sneakers lokal juga internasional yang ikut bergabung memeriahkan event itu.
“Kan selain pameran nanti banyak kegiatannya juga di sini. Ada DJ, breakdance, kita tunggu aja bagaimana tahun depan,” tutupnya.