Hubungi kami di

Jiran

Lawrence Wong Bakal Jadi Suksesor Lee Hsien Loong sebagai PM Singapura

Terbit

|

Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong, calon suksesor Lee Hsien Loong. F. Dok. Tempo.co/Reuters

PERDANA Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, mengungkapkan bahwa Lawrence Wong bakal menjadi suksesornya sebagai kepala pemerintahan mendatang. Hal ini disampaikan Lee dalam konferensi pers pada Sabtu (16/4/2022).

Lawrence Wong (49) yang saat ini menjabat menteri keuangan akan menjadi PM Singapura berikutnya jika Partai Aksi Rakyat (PAP) memenangkan pemilihan umum pada 2025 mendatang.

Dikutip dari Reuters, terpilihnya Wong sebagai pemimpin Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa, Kamis (14/4), membuka jalan baginya menjadi perdana menteri.

“Rencananya Lawrence menggantikan saya sebagai PM, baik sebelum atau sesudah (jika PAP) menang pemilihan umum berikutnya. Pemilihan akan diadakan 2025 dan pasti akan menjadi pertarungan yang sulit,” kata Lee.

Lee juga mengatakan Lawrence Wong sudah ditunjuk sebagai pemimpin “tim 4G”, istilah yang digunakan untuk sekelompok politikus terkemuka di jajaran tertinggi partai.

BACA JUGA :  6 WNI dari Singapura Negatif Terpapar Virus Corona

“Para menteri kabinet hari ini menegaskan pilihan Menteri Lawrence Wong sebagai pemimpin tim 4G,” lanjut Lee dalam sebuah unggahan di media sosial.

“Keputusan tentang suksesi ini sangat penting bagi Singapura. Ini akan memastikan kesinambungan dan stabilitas kepemimpinan yang merupakan ciri khas sistem kami,” tuturnya.

Seperti diketahui, Lee telah menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura sejak 2004. Sementara itu, Wong telah membantu Singapura dalam menangani pandemi virus Corona (Covid-19) sebagai ketua Satgas bersama pemerintah.

Atas kontribusinya dalam penanganan Covid tersebut, sejumlah ahli memperkirakan Wong bakal menjadi pengganti yang tepat untuk Lee.

Mulanya, Wong bukan calon kuat pengganti Lee. Deputi PM, Heng Swee Keat sempat digadang-gadang menjadi penerus Lee di masa depan. Namun, pada 9 April 2021, Heng Swee Keat memutuskan mundur dari suksesi kursi kekuasaan PAP.

BACA JUGA :  Kasus Covid 19 di Singapura Kembali Tinggi, RS Mulai Padat

“Saya sudah berusia 70 tahun dan saya tak sabar untuk menyerahkannya kepada Lawrence begitu dia siap,” kata Lee dalam sebuah konferensi pers.

Ia menambahkan, partai akan memutuskan antara dia atau Wong yang akan memimpin partai dalam pemilu selanjutnya.

Sementara itu, Wong sempat bicara mengenai tantangan Singapura ke depan. Apalagi, menurut dia, saat ini pandemi Covid-19 belum usai. “Pandemi belum selesai, kita harus melewatinya,” kata Wong.

“Ada tantangan ekonomi yang cukup besar untuk diatasi yang timbul dari perang di Ukraina, paling tidak ancaman inflasi yang lebih tinggi dan lebih persisten serta pertumbuhan yang lebih lemah,” ujarnya.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid