Hubungi kami di

Politika

Lingga, Tanjungpinang, Batam, dan Karimun Usul Penataan Dapil & Alokasi Kursi DPRD

Terbit

|

Anggota KPU Provinsi Kepri, Arison. F. Dok. detak.media

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Arison, menyebutkan empat dari tujuh KPU kabupaten dan kota mengusulkan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD untuk Pemilu 2024.

Adapun empat kabupaten/kota yang mengusulkan perubahan dapil dan penambahan alokasi kursi di DPRD, yakni Lingga, Tanjungpinang, Batam, dan Karimun.

“Sementara Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas tidak mengalami perubahan dapil dan jumlah kursi di DPRD,” kata Arison di Tanjungpinang, Kamis (24/11/2022)

Arison mengatakan saat ini sudah masuk tahapan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD kabupaten/kota. Untuk itu, kepada seluruh pemimpin daerah dan masyarakat untuk dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD, khususnya pada tujuh kabupaten dan kota di Kepri.

Ia mengemukakan bahwa KPU Lingga mengusulkan penambahan kursi di DPRD dari 20 kursi menjadi 25 kursi. Penambahan lima kursi tersebut sebagai konsekuensi bertambahnya jumlah penduduk.

BACA JUGA :  2 Terdakwa Pembunuh Bos Besi Tua di Tanjungpinang Divonis Seumur Hidup

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kabupaten dan kota dengan jumlah penduduk lebih dari 100.000 orang, jumlah alokasi kursi mengalami penambahan. Kondisi tersebut dialami Lingga.

Sementara itu, di Tanjungpinang, Ibu Kota Kepri, terjadi perubahan jumlah kursi antardaerah pemilihan sebagai akibat perubahan komposisi jumlah penduduk antarkecamatan.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 457 Tahun 2022 tentang Alokasi dan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota, jumlah penduduk di Kecamatan Tanjungpinang Timur berdasarkan data agregat kependudukan kedua melebihi ambang batas 3—12 kursi sehingga wajib dimekarkan.

“Setelah penghitungan terhadap jumlah penduduk, ternyata Dapil Tanjungpinang Timur, yang semula alokasi kursinya 12, melebihi ambang batas sehingga harus dipecah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Festival Kampong Kite, Promosikan Produk IKM Tanjungpinang

Terkait dengan Batam, Arison menjelaskan bahwa terdapat pergeseran komposisi jumlah penduduk pada satu kecamatan atau lebih, sehingga alokasi kursi di DPRD berubah. Perubahan yang dimaksud, yakni ada dapil yang berkurang jumlah kursinya dan ada juga yang bertambah.

Pada Pemilu 2024, kata dia, KPU Kota Batam mengajukan dua rancangan dapil untuk mendapat tanggapan masyarakat.

“Karimun juga berpeluang dilakukan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD,” ucapnya.

Arison meminta pemimpin daerah dan masyarakat dapat mencermati rancangan tersebut dan menyampaikannya ke KPU kabupaten/kota sebagaimana tata cara yang telah ditentukan, kemudian mempersilakan masuk melalui link berikut ini:

1. Bintan https://kab-bintan.kpu.go.id/berita/baca/7790/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kabupaten-bintan-dalam-pemilihan-umum-tahun-2024

2. Natuna https://kab-natuna.kpu.go.id/berita/baca/7809/pengumuman-tentang-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kabupaten-natuna-dalam-pemilihan-umum-tahun-2024

3. Anambas https://kab-kepanambas.kpu.go.id/berita/baca/7814/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kabupaten-kepulauan-anambas-dalam-pemilihan-umum-tahun-2024

4. Batam https://kota-batam.kpu.go.id/berita/baca/7894/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dprd-kota-batam-dalam-pemilu-tahun-2024

5. Tanjungpinang https://kota-tanjungpinang.kpu.go.id/berita/baca/7809/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dprd-pemilu-2024

6. Karimun https://kab-karimun.kpu.go.id/berita/baca/7876/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kabupaten-karimun-dalam-pemilihan-umum-tahun-2024

7. Lingga https://kab-lingga.kpu.go.id/berita/baca/7809/pengumuman-rancangan-penataan-daerah-pemilihan-dan-alokasi-kursi-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kabupaten-lingga-dalam-pemilihan-umum-tahun-2024.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid