Hubungi kami di

Tanah Air

Mantan Menlu Mochtar Kusumaatmadja Wafat

ilham kurnia

Terbit

|

Mochtar Kusumaatmadja. Foto: Wiki Visually

MANTAN Menteri Luar Negeri Indonesia Prof Dr. Mochtar Kusumaatmadja meninggal Minggu (6/6) pagi. Pakar Hukum Internasional yang pernah jadi Rektor ke-5 Unpad itu berpulang pukul 09.00 WIB di RS Siloam, Jakarta.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran Dandi Supriadi menjelaskan pria yang wafat di usia 92 tahun itu akan dimakamkan hari ini juga.

“Hari Minggu tanggal 06 Juni 2021 pukul 15.30 WIB, dari rumah duka ke TMPNU (Taman Makam Pahlawan Nasional Utama) Kalibata, Jaksel,” kata Dandi kepada wartawan, Minggu (6/6).

Dandi menyebut bahwa Mochtar meninggal karena sakit. Namun ia tak merinci penyakit apa yang diderita Mochtar sebelum meninggal.

“Almarhum dinyatakan meninggal di RS Siloam setelah sebelumnya lemas saat sarapan di kediamannya,” ujar Dandi.

BACA JUGA :  Kopassus Ikut Terlibat Buru Teroris

Dr Mochtar Kusumaatmadja lahir pada 17 Februari 1929 di Jakarta. Selain pernah menjabat beberapa posisi menteri di era Soeharto, ia dikenal sebagai Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad).

Berita duka meninggalnya Guru Besar Unpad Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M. Foto: Dok. Unpad

Selama hidupnya, Unpad mencatat Mochtar pernah meraih dua penghargaan tanda jasa. Yakni Bintang Mahaputera Adipradana dan Bintang Mahaputera Utama.

Mochtar merupakan pencetus konsep Wawasan Nusantara. Konsep Wawasan Nusantara akhirnya diakui di dalam Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS) 1982 sebagai buah konsistensi perjuangan Prof. Mochtar di PBB.

“Perjuangan ini dilakukan Prof. Mochtar selama hampir 25 tahun,” catat Unpad dalam situs resminya.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook