Hubungi kami di

Dunia

Patung Wanita Gendut Berusia 8000 Tahun di Anatolia

iqbal fadillah

Terbit

|

SEBUAH patung perempuan kuno dari batu berusia 8000 tahun ditemukan oleh para arkeolog  di sebuah penggalian di Anatolia Tengah, Konya, Turki.

Patung itu ditemukan sebuah tim internasional yang dipimpin arkeolog, Profesor Ian Hodder dari Stanford University. Dengan ukuran 6,7 inci (17 cm) panjang dan berat 2,2 pon (1 kg), dan diukir dari batu marmer.

Dilansir Scinews,  Hodder mengatakan patung ini ditemukan bersama dengan sepotong batu obsidian yang menunjukkan bahwa mungkin telah ditempatkan di sana sebagai bagian dari beberapa ritual.

Patung tersebut dianggap sebagai ‘dewi kesuburan.’ Namun, Hodder mengutip teori baru yang menunjukkan objek ini merupakan wanita yang lebih tua yang telah mencapai status tertentu.

BACA JUGA :  Loncat Dari Lantai 5 dan Tewas, Pria Itu Kaget Lihat Wajah Kekasihnya

“Patung tentu menunjukkan penafsiran baru dengan payudara dan perut yang kendur ,” katanya.

Sementara, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki menyatakan pada sebuah rilis akan temuan tersebut sebagai yang terbaik karena bentuknya yang utuh dan pengerjaannnya yang halus.

Situs Çatalhöyük dimana patung itu ditemukan adalah salah satu situs Neolitik terbesar dan terbaik di dunia. Terletak di tenggara kota modern Turki Konya, sekitar 90 mil dari Gunung Hasan. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook