Hubungi kami di

Ini Batam

Pelabuhan Bintang 99 akan Menjadi Pelabuhan untuk Kapal Pelni

Terbit

|

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar. F. rifki/gowest.id

PELABUHAN Bintang 99 akan menjadi destinasi pelabuhan penumpang Kapal Pelni selanjutnya. Kepala Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar mengatakan terminal penumpang di pelabuhan yang berada di sisi kiri Pelabuhan Batuampar tersebut sudah rampung.

“Saat ini, Pelabuhan Bintang 99 sedang dipersiapkan, terminal penumpangnya sudah jadi. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi dari sisi teknis,” kata Dendi, Senin (28/11).

Menurut Dendi, dari sisi teknis seperti dermaga, masih butuh pembahasan yang panjang dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA :  Tim Gabungan Bersihkan Eceng Gondok di DAM Duriangkang

“Secara keselamatan untuk pelayaran kapal, baru di Pelabuhan Batuampar saja. Terlepas dari kekurangan pelayanan yang ada, Kapal Pelni masih hanya bisa bersandar di Pelabuhan Batuampar,” terangnya.

Keberadaan pelabuhan penumpang untuk Pelni di Batam memang sangat disayangkan. Sejak mendapat arahan dari Kemenhub untuk memindahkan pelabuhan penumpang dari Sekupang menuju Batuampar, maka banyak persoalan terjadi.

Pemindahan tersebut dikritik karena calon penumpang Pelni harus melewati wilayah bongkar muat barang yang tentu saja penuh dengan truk dan crane. Kondisi tersebut sama sekali jauh dari aman dan nyaman.

BACA JUGA :  Digelar Selama Satu Bulan | Walikota Buka Batam Great Sale 2020

“Harus kita akui, bahwa kita tidak punya pelabuhan penumpang dengan kekuatan dermaga yang bisa menerima Kapal Pelni. Jadi, mau tidak mau Kemenhub menempatkannya di Batuampar. Ketika Pelni merapat, maka kita lakukan rekayasa,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi mengenai apakah ada peluang Pelabuhan Beton Sekupang yang dulunya merupakan pelabuhan penumpang Kapal Pelni diberdayakan kembali, Dendi hanya menjawab singkat. “Masih belum ada rencana kesana,” tutupnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid