- Dishub Batam menerapkan sistem pembayaran e-money untuk Bus Trans Batam.
- Bekerjasama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.
- E-money dapat dibeli di halte-halte Bus Trans Batam.
DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Batam meningkatkan layanan Bus Trans Batam dengan menghadirkan sistem pembayaran non tunai menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau e-money. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) dan mewujudkan Batam sebagai kota modern berbasis Smart City.
Kepala Dishub Batam, Salim, menjelaskan bahwa kerjasama dengan beberapa bank seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.
“Era digital menuntut kita untuk beradaptasi dengan teknologi, termasuk dalam sistem pembayaran. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik harus terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Salim.
Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Bus Trans Batam dan memberikan kemudahan bagi para pengguna.
“Masyarakat dapat menggunakan e-money dari bank yang telah bekerjasama dengan Dishub Batam untuk membayar tarif bus. E-money ini dapat dibeli di halte-halte Bus Trans Batam,” jelas Salim.
Salim menambahkan, Dishub Batam juga memiliki program internal untuk mendorong penggunaan Bus Trans Batam bagi para pegawainya.
“Kami ingin menunjukkan contoh kepada masyarakat bahwa Bus Trans Batam adalah pilihan transportasi yang nyaman dan mudah diakses. Bus Trans Batam telah diperbarui dan memiliki infrastruktur yang memadai, sehingga layak untuk digunakan,” kata dia.
Dengan kemudahan pembayaran dan infrastruktur yang baik, Dishub Batam berharap masyarakat semakin antusias menggunakan Bus Trans Batam dan turut mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kota Batam yang modern dan ramah lingkungan.
(sus)