SEORANG penumpang wanita pesawat Citilink Airlines di bandara Hang Nadim, Batam, meluapkan emosinya setelah penerbangannya mengalami penundaan. Insiden ini terjadi Senin (28/4/2025) pagi, saat sang wanita sedang dalam perjalanan ke Silangit, Sumatera Utara, untuk menghadiri pemakaman orangtuanya.
Pesawat yang seharusnya berangkat pada pukul 10.30 WIB baru mengumumkan penundaan pada pukul 11.20 WIB, dengan jadwal baru keberangkatan ditetapkan pada pukul 12.45 WIB. Penundaan yang berlangsung lebih dari satu jam ini membuat penumpang tersebut tidak bisa menahan amarahnya.
M. Sastrawan, seorang penumpang lain yang menyaksikan kejadian tersebut, menyatakan bahwa situasi di bandara menjadi tegang.
“Wanita itu sangat marah karena tidak diberitahu lebih awal tentang penundaan, apalagi dia dalam kondisi mendesak untuk urusan keluarga,” sebutnya.
Ia juga menyoroti bahwa informasi mengenai penundaan seharusnya bisa disampaikan lebih cepat.
“Kami semua merasa kecewa. Informasi yang lebih awal jelas sangat dibutuhkan, terutama bagi penumpang yang memiliki keperluan mendesak,” tambahnya.
Menanggapi insiden ini, pihak Citilink meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh penumpang.
“Kami berusaha memberikan informasi secepat mungkin, namun kami memahami kekecewaan penumpang yang terjadi akibat situasi ini,” kata seorang perwakilan maskapai.
Walaupun sempat terjadi ketegangan, situasi di Bandara Hang Nadim akhirnya kembali tenang setelah petugas bandara dan Citilink mengambil langkah untuk menenangkan situasi.
(dha)