Hubungi kami di

Berita

Perempuan Indonesia juarai 60 kilometer Rinjani 100

Mike Wibisono

Terbit

|

PEREMPUAN Indonesia bernama Eny Rosita menjuarai kompetisi lari lintas alam Rinjani 100 kategori jarak 60 kilometer nomor putri, sekaligus menjadi satu-satunya perempuan di kategori itu yang berhasil menyelesaikan lomba.

Bukan hanya itu, dia juga sukses memecahkan rekor untuk jarak 60 kilometer dengan waktu tempuh 19 jam 44 detik. Catatan itu mengalahkan rekor sebelumnya yang juga ditorehkan perempuan Indonesia, Shindy Patricia, 19 jam 44 menit 59 detik.

“Sebenarnya masih bisa lebih cepat satu jam, cuma saya malas-malasan,” ujar Rosida, di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Perempuan berusia 38 tahun ini sejatinya bukanlah pelari pemula. Dia sudah beberapa kali ikut kompetisi lari lintas alam.

Sebelumnya pada awal April 2017, dia berhasil menjuarai lomba lari ultra lintas Sumbawa dalam Tambora Challenge, menyelesaikan lomba sejauh 320 kilometer dalam waktu 63 jam 42 menit.

BACA JUGA :  Usia Pensiun Anggota TNI Akan Dinaikkan Jadi 58 Tahun

“Karena itulah saya cuma mau berkompetisi di 60 kilometer di Rinjani 100, lelah baru ikut 320 kilometer di Tambora,” tutur dia.

Rinjani 100 sendiri merupakan kompetisi lari lintas alam internasional yang diikuti oleh 502 peserta dari 28 negara, termasuk Indonesia, diadakan mulai Jumat (5/5) sampai Minggu (7/5).

Kejuaraan yang melewati puncak Gunung Rinjani ini mempertandingkan empat kategori yaitu 27 kilometer, 36 kilometer, 60 kilometer dan 100 kilometer.

Kategori 60 kilometer sendiri dimulai pada 23.30 WITA, Jumat (5/5) di Senaru, meliputi rute menyusuri tepian Segara Anakan dari lereng Senaru ke puncak Gunung Rinjani dan finish di Sembalun.

Total ketinggian yang ditempuh pelari kategori ini adalah 5,32 kilometer, yang mesti ditaklukkan maksimal selama 20 jam. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook