Hubungi kami di

Uang

Sebanyak 5.052 Uang Palsu Dimusnahkan BI Perwakilan Kepri

Terbit

|

Kepala BI Perwakilan Kepri, Musni Hardi. F. rifki/gowest.id

BANK Indonesia (BI) Perwakilan Kepri kembali memusnahkan sebanyak 5.052 lembang uang palsu (upal) yang merupakan hasil penindakan dari tahun 2018 hingga 2022 di Gedung BI Kepri, Batam, Rabu (19/10).

“Kami dari Badan Koordinasi Pemberantasan Rupiah Palsu (Botasupal) terdiri dari 5 institusi, yakni Bea Cukai, Polisi, Kejaksaan Tinggi, Badan Intelijen Negara dan BI memusnahkan 5.052 lembar upal dengan rincian 62 persen pecahan Rp 50 ribu, 37 persen pecahan Rp 100 ribu dan sisanya pecahan lainnya,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Musni Hardi.

BACA JUGA :  Kasus Positif Covid-19 di Tanjungpinang Meningkat

Pemusnahan ini merupakan bagian dari upaya untuk melindungi masyarakat dari kejahatan upal. “Upal ini menyerupai uang asli dan diedarkan dengan melawan hukum, merugikan individual dan memengaruhi ekonomi, serta melemahkan sistem pembayaran dan mengganggu inflasi,” tuturnya lagi.

Selain itu, kejahatan upal dapat memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap sistem transaksi pembayaran. “Sehingga BI terus melakukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Rupiah, seperti perbaiki standarisasi uang, sosialisasi pengenalan ciri uang palsu, sosialisasi cara perlakukan uang dengan baik dan lainnya,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kapolda Kepri Tinjau Posko PPKM dan Vaksinasi di Polresta Barelang

Botasupal mengimbau masyarakat agar tidak mendukung peredaran uang palsu, dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika mengetahui tentang peredarannya.

“Kita mengimbau tidak melakukan kejahatan upal, karena hal itu tidak sesuai dengan amanat undang-undang,” jelasnya.

Kemudian, Musni menyebut ciri-ciri uang asli dapat dilihat melalui trik 3D, yaitu dilihat, diraba dan diterawang, serta kondisi uang masih dalam keadaan rapi dan terjaga (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid