Hubungi kami di

Catatan Netizen

Sejarah Blog yang Mewarnai Jalan Cerita Peradaban Manusia

Terbit

|

Ilustrasi, © comestepbackintime.wordpress.com

Semua berawal dari sebuah catatan harian di jaringan komputer.

Oleh : Bagus Ramadhan

PERKEMBANGAN internet saat ini begitu pesat dengan nilai ekonominya pun telah mencapai rekor yang mencengangkan berkat kolaborasi internet dan teknologi digital.

Tapi siapa yang menyangka, internet saat ini berkembang berawal dari inisiatif-inisiatif sederhana dari catatan-catatan harian para pengguna internet yang kemudian disebut sebagai blog.

Mungkin kamu tidak percaya bahwa peran blog begitu besar pada perkembangan internet.

Namun memang demikian adanya. Karena sebenarnya internet tidak memiliki nilai apapun jika tidak memiliki informasi dan informasi tersebut hanya bisa diperoleh dari catatan-catatan para penggunanya.

Istilah blog atau web log (catatan website) memang tidak lahir bersamaan dengan internet. Istilah ini baru lahir sejak awal tahun 1990an. Sementara internet telah lahir beberapa tahun sebelumnya di akhir era 80an.

Di hari blogger nasional ini saya akan sedikit bercerita tentang fakta sejarah menarik dari blog yang telah mewarnai jagad internet yang telah berevolusi sedemikian rupa.

Sebagai catatan, seluruh sejarah ini berusaha saya rangkum dengan sederhana dari sekian banyak versi sejarah blog. Sebagaimana kita tahun memang sejarah memiliki banyak versi dan menurut saya, agak kurang realistis jika seluruh versi disajikan dalam satu halaman yang lengkap.

Penyebabnya tentu saja terkait dengan ketersediaan waktu dan tempat untuk menyajikan semua cerita yang ada. Di tulisan ini, saya menuliskan beberapa sorotan utama dari penjelasan sejarah blog oleh Hubspot.

Oke kita mulai cerita sejarahnya.

Berawal dari Jurnalis

Links.net merupakan platform yang disebut-sebut sebagai wadah pertama blogging (klaim oleh New York Times di tahun 2004). Situs ini lahir pada tahun 1994 dan dikelola oleh Justin Hall.

Saat itu istilah blog belum digunakan, pendirinya pun hanya menyebut website catatan miliknya itu sebagai online diary. Jika kamu penasaran, kamu masih bisa mengakses situsnya persis seperti kondisi aslinya.

BACA JUGA :  Mengunjungi Masjid dan Quran Tertua di Nusantara | XPDC TO INDONESIA TIMUR

Justin Hall sendiri adalah seorang jurnalis yang gemar untuk mencatat berbagi hal. Jadi rasanya tidak heran jika sebuah platform baru seperti internet digunakan olehnya untuk mencatat informasi dan membagikannya.

Menariknya istilah diary di era itu masih dikenal sebagai kebiasaan hidup masyarakat konvensional. Isinya adalah tentang catatan pribadi tentang berbagai hal sehari-hari.

Saya masih sempat mengalami masa itu, diary umumnya ditulis di sebuah buku dan bukan di internet. Namun kehadiran internet membuat diary berpindah ke jagad maya.

Beberapa pihak lain tidak ingin menyebut catatan di internet sebagai diary, mereka lebih suka menyebutnya sebagai catatan saja atau log atau bahkan jurnal. Seperti yang dilakukan oleh Rob Palmer di tahun 1993 hasil bekerja sama dengan AT&T.

Apa yang dilakukan Rob ini bisa disebut sebagai cikal bakal blog, namun kebanyakan literatur menyebut pioner blog adalah Links.net yang diinisiasi Justin Hall.

Apapun itu, keduanya memiliki persamaan yakni berisi tentang catatan pribadi dari para pengguna internet di masa-masa tersebut.

Internet yang umumnya digunakan oleh para programmer membuat banyak catatan terkait dunia pemrograman web. Di tahun 1997 seorang programmer asal Ohio, Jorn Barger yang membuat situs serupa pendahulunya.

Namun Jorn memilih untuk menggunakan terminologi website log yang di kemudian hari banyak menyebutnya sebagai blog.

Situs yang dibuka oleh Jorn tersebut disebut dengan Robot Wisdom yang isinya berbicara tentang perkembangan teknologi.

Satu tahun kemudian, giliran seorang jurnalis yang berinisiatif untuk membuat sebuah blog, namanya Jonathan Dube. Blognya bertajuk Hurricane Bonnie for The Charlotte Observer.

Jangan tanya saya mengapa dia menamakan situsnya seperti itu. Saya sendiri tidak paham kenapa bisa ada situs dengan nama se-absurd itu.

BACA JUGA :  Pak Jantan, Suku Laut dari Tanjung Gundap

Tahun 1997 muncul seorang programmer, Jorn Barger yang membuat catatan serupa, namun mulai menggunakan istilah website log (yang kemudian hari disingkat menjadi blog). Saat itu laman situsnya disebut dengan Robot Wisdom yang isinya berbicara seputar perkembangan teknologi.

Di tahun 1998 seorang jurnalis pertama yang membuat blog adalah Jonathan Dube. Blognya berjudul Hurricane Bonnie for The Charlotte Observer. Di tahun-tahun ini situs begitu masif berkembang.

Blog bermunculan dan kemudian plaform blogging pertama di dunia lahir pada tahun 1998, bernama Open Diary.

Sebagai sebuah platform tentu saja situs ini menerima banyak data dan informasi dari berbagai pengguna dalam satu alamat saja. Berbeda dengan kebanyakan di masa itu yang setiap orang memiliki situs blognya masing-masing.

Konon, disebutkan bahwa istilah blog lahir di masa-masa ini sekitar tahun 1998 hingga 1999. Namun tidak ada yang bisa memastikan kapan istilah blog benar-benar ditemukan. Sebab di tahun 1999, begitu banyak platform bermunculan dengan berbagai klaim keunggulannya.

Kemunculan Berbagai Platform Blogging

Titik awal kemunculan industri blog dimulai dengan lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga satu tahun kemudian di tahun 1999. Jika kamu menyadari, ya betul, Blogger yang dimaksud adalah blogger yang kamu kenal saat ini.

Kamu bisa lihat tampilan awalnya yang menyebutkan diri sebagai weblog publishing tool. Sebuah alat publikasi, istilah platform blog pun rupanya masih awam didengar masa itu.

Situs blogger adalah platform yang dikembangkan oleh Evan Williams yang pada tahun 2003 diakuisisi oleh Google. Hingga saat ini dari ketiganya, hanya blogger yang masih bertahan.

(*)

Blogger di tahun 1999 Sumber: Way Back Machine via hubspot. Seperti ditulis Bagus Ramadhan di medium.com
Bagus Ramadhan, Editor of Komunitas Blogger M, Tulis Aja — Lubuk Ekspresi Kata, and TEKNOIA — Media inovasi, teknologi dan marketing

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook