Hubungi kami di

Berita

Sinabung Kembali Erupsi

iqbal fadillah

Terbit

|

GUNUNG Sinabung kembali erupsi hari Sabtu (12/11) ini  Erupsi disertai awan panas guguran ini terjadi pada pukul 10.42 WIB.

“Erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu 3.500 meter disertai awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah tenggara-timur,” kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sekaligus pos pemantau gunung Sinabung, Deri dikutip Republika.

Deri mengatakan, angin perlahan bertiup ke tenggara-timur. Cuaca di kawasan gunung Sinabung pun terpantau hujan ringan dan diselimuti kabut.

Meski erupsi kali ini cukup tinggi, namun belum bisa mengalahkan tinggi kolom saat erupsi yang terjadi, Jumat (11/11) sore. Pos pemantau gunung Sinabung mencatat tinggi kolom saat erupsi kemarin mencapai 4.800 meter.

Sehubungan masih tingginya aktivitas vulkanik Sinabung ini, masyarakat kembali diimbau untuk tidak memasuki dan beraktivitas di zona berbahaya yang telah ditentukan.

Warga dan wisatawan diminta tidak berada di dalam radius 3 km dari puncak dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur gunung Sinabung.

Selain itu, masyarakat juga diharap tetap waspada terhadap ancaman lahar. Imbauan ini disampaikan terutama bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook