Hubungi kami di

Khas

SPARTA Smart Solution ATB | Implementasi IoT Dalam SPAM

Terbit

|

Teknologi SPARTA Smart Solution saat dipamerkan di Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF). Teknologi milik PT Adhya Tirta Batam (ATB) ini dapat menjadi terobosan positif bagi peningkatan kinerja SPAM di Indonesia. Poto: @Ist.

PT ADHYA Tirta Batam (ATB) berkomitmen mendukung peningkatan kinerja Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui kerjasama penerapan teknologi. SPARTA Smart Solution dapat menjadi terobosan positif untuk mendukung tujuan tersebut.

Penerapan Internet of Things (IoT) dapat membantu penyelenggara SPAM untuk melalukan pengelolaan yang efektif dan efisien hampir di semua proses, baik pengelolaan operasional di lapangan maupun pelayanan pelanggan.

“Penerapan IoT dapat menjadi solusi bagi pelayanan air bersih yang efektif dan efisien di masa mendatang,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Jum’at (18/6).

Menurut Maria, ATB sendiri adalah satu dari sedikit perusahaan air bersih yang sukses menerapkan dan mengembangkan teknologi dalam operasional dan pelayanan pelanggannya.

Perkembangan teknologi yang pesat di ATB berangkat dari kesadaran bahwa transformasi digital adalah kebutuhan untuk mengantisipasi perubahan masa depan. Salah satu caranya adalah implementasi IoT untuk hampir semua proses.

BACA JUGA :  Polairud Polda Kepri Lakukan Himbauan Prokes di 3 Pelabuhan Domestik di Kepri

Kebutuhan ini semakin mendesak, karena kebubutuhan air besih di Indonesia naik signifikan seiring dengan pertumbuhan populasi dan ekonomi. Namun di sisi lain, pertumbuhan tersebut tidak seiring dengan pertumbuhan sumber sumber air.

Seperti diketahui, 97 persen air di muka bumi ini adalah air laut. Hanya 3 persen yang berupa air tawar. Dari 3 persen itu, 2,5 persennya ada di dalam tanah dan sulit didapat, dan hanya 0,5 persen yang bisa kita gunakan langsung.

Indonesia sendiri memiliki cadangan air tawar sebesar 2.019 km yang menyebar di sejumlah daerah secara tidak merata. Sebagian besar berada di Indonesia bagian barat. Sementara Indonesia bagian Timur dan Selatan hanya memiliki cadangan air tawar yang sangat rendah.

“Cadangan air tersebut harus dioptimalkan semaksimal mungkin. Karena itu, air yang ada harus digunakan secara efektif dan efisien, sehingga air tidak hilang percuma,” tuturnya.

BACA JUGA :  Proses Evakuasi 8 Warga Bengkong Sadai Diiringi Takbir

Dengan SPARTA Smart Solution milik ATB, pengelola SPAM akan mampu mengelola air bersih secara efisien, dari hulu hingga hilir. Terbukti, teknologi ini membantu ATB menyulap kota Batam yang hanya berharap dari hujan, menjadi kota dengan layanan air terbaik di Indonesia.

“Tanpa inovasi, kita hanya akan jadi bagian dari masa lalu,” ujar Maria.

Kini, ATB membuka diri untuk berbagi teknologi dengan seluruh PDAM di Indonesia, agar pelayanan air bersih di negeri ini dapat menjadi lebih baik. SPARTA Smart Solution dapat diimplementasikan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh PDAM selama ini.

“Teknologi ini terdiri dari banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kondisi PDAM. Jadi, jangan khawatir, karena SPARTA Smart Solution ini sangat fleksibel,” punkas Maria.(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook