Hubungi kami di

Hidup Sehat

Tanaman Herbal yang Wajib Ada di Rumah

Adam

Terbit

|

BEBERAPA tanaman di kebun rumah ternyata bisa menjadi obat-obatan. Tumbuhan tersebut dikenal sebagai herbal yang memang dulu sering digunakan sebagai pereda sakit.

Menanam tumbuhan herbal ini dapat menjadi alternatif lain untuk menghemat uang untuk berobat. Khasiatnya pun tidak diragukan lagi apalagi dengan penanaman yang mudah dan tidak memerlukan perawatan yang repot.

Dikutip dari Blodsky, Selasa (6/9), berikut ini daftar tanaman herbal yang bisa Anda tanam sendiri untuk penyembuhan ketika ada anggota keluarga yang sakit.

Lidah buaya

Tumbuhan satu ini dapat menyembuhkan kulit terbakar dan baik untuk saluran pencernaan. Cukup gunakan gel yang ada di dalam kulitnya, tempelkan pada luka bakar atau konsumsi sebagai pelancar buang air besar. Untuk menanamnya cukup dengan hanya menaruh tanaman di bawah sinar matahari akan membuta lidah buaya tumbuh subur.

Kemangi

Kemangi adalah salah satu tumbuhan yang sering di tanam khususnya di India sebagai ramuan herbal. Manfaatnya yang sering digunakan untuk sakit kepala dan nyeri. Cukup usapkan dua di bagian kepala yang sakit atau campurkan dengan air mendidih kemudian di minum ketika rasa nyeri datang. Di samping bermanfaat, tumbuhan ini juga dapat menjadi hiasan rumah jika ditanam dalam pot serta menjadi penambah rasa pada makanan.

Lavender

Tanaman ini memang cenderung tidak semudah tanaman herbal lain untuk dikembangkan. Tapi bukan berarti tidak bisa ditanam, hanya saja Anda perlu menyiapkan pot yang diisi dengan tanah dan keriki. Tumbuhan ini memiliki antiseptik dan anti-inflamasi sehingga sangat cocok untuk kesehatan tubuh.

Lemon Balm

Tumbuhan ini sangat cocok di tanam dalam ruangan. Selain sebagai hiasan daunnya dapat digunakan untuk luka dingin, gigitan serangga dan penolak serangga alami. Cukup gosokan daun pada luka bekas gigitan serangga, maka rasa sakit akan cepat mereda.

Peterseli

Peterseli merupakan penguat kekebalan tubuh dan jika dikunyah dapat memberikan  nafas segar. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur dalam pot di bawah sinar matahari selama tanah disimpan dalam keadaan lembab.

Mint

Daun mint dapat digunakan sebagai campuran dai pelbagai minuman sehari-hari. Jika daun mint ini dimasukkan dalam seduhan teh, maka dapat mengurangi keluhan mual dan masalah pencernaan ringan. Selain itu mint segar juga menenangkan kram perut dan perut kembung.

Rosemary

Manfaat tumbuhan satu ini tidak bisa diragukan lagi. Rosemary sangat sering digunakan sebagai penenang diri dan juga dikenal obat bagi seseorang yang sedang banyak pikiran. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook