Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Tank Canggih “Made in” Bandung, Banderolnya Rp 50 Miliar

Mike Wibisono

Terbit

|

PT Pindad (Persero) Bandung memamerkan satu unit medium tank yang dibuat bekerjasama dengan perusahaan asal Turki FNSS dDalam perhelatan Indodefence ke-7 di JIExpo.

Tank bermesin diesel ini berukuran panjang 7 meter, lebar 3,2 meter, dan tinggi 2,7 meter. Tank ini mampu mengangkut 3 personil terdiri dari juru kemudi, juru tembak, serta pemberi komando. Tank ini juga mampu menembus kecepatan 70 kilometer (km) dengan daya jelajah hingga 600 km.

“Kecepatan 70 km per jam di jalan raya, kalau daya jelajah bisa sampai 600 km,” kata Kepala Program Pengembangan Medium Tank Pindad Windhu Paramarta, dikutip dari laman wartapriangan.com.

Selain itu, tank canggih ini juga dapat melesatkan amunisinya secara langsung hingga 6 kilometer (km), sedangkan untuk tembakan melalui udara atau tidak langsung bisa mencapai 16 km.

BACA JUGA :  Saat Tembok Diketuk, Plafon Bandara Soetta Roboh

“Jarak efektif tembak langsung 2,5-6 km. Indirect fire bisa gunakan amunisi roket folarik yang paling baru sehingga jangkauannya 16 km pakai peluru kendali,” tambahnya.

Jika sudah diproduksi masal, medium tank buatan Pindad dan FNSS akan dijual seharga Rp50 miliar-Rp60 miliar. Harga tersebut lebih murah jika dibandingkan tank Leopard yang dibeli bekas dari luar negeri.

“Penjualan sekitar Rp 50-60 miliar, tapi masih tahap pengembangan, lihat spesifikasi nantinya bagaimana. Target kami tidak akan lebih mahal dari Leopard yang sekarang dibeli, karena Leopard kan second (bekas),” ungkapnya. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook