Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Tentang Robot Sophia Yang Bakal Diproduksi Massal

Mike Wibisono

Terbit

|

Robot Sophia, © thinkingheads

ADA yang masih ingat atau pernah tahu tentang sebuah robot yang menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat Indonesia pada September 2019 lalu? Ya! Dia adalah Sophia.

Di momen itu, robot berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence alias AI) tersebut berkunjung ke tanah air Tepatnya di acara Central for Strategic and International Studies Global Dialogue 2019.

Yang menjadi daya tarik dari robot produksi Hong Kong itu adalah bisa berkomunikasi dengan manusia.

Bahkan, seperti dikutip dari Reuters, ia bisa merawat orang sakit.

“Robot sosial seperti saya bisa merawat orang sakit atau lanjut usia,” kata Sophia saat dia melakukan tur ke labnya di Hong Kong, seperti ditulis Reuters. “Saya dapat membantu berkomunikasi, memberikan terapi, dan memberikan stimulasi sosial, bahkan dalam situasi sulit.”

Sejak diluncurkan pada 2016, robot humanoid itu menjadi viral. Sekarang, perusahaan di balik kehadiran Sophia, Hanson Robotics memiliki visi baru. Pihaknya ingin memproduksi robot secara massal pada akhir tahun.

BACA JUGA :  Melacak Posisi Teman Secara Langsung Dengan WhatsApp

Hanson Robotics mengatakan empat model, termasuk Sophia, akan mulai diluncurkan pada paruh pertama tahun 2021. Momen ini disebut bertepatan dengan perkiraan para peneliti tentang pandemi yang akan membuka peluang baru bagi industri robotika.

“Dunia dengan COVID-19 akan membutuhkan lebih banyak otomatisasi untuk menjaga keamanan orang,” kata founder and chief executive di Hanson Robotics, David Hanson.

Hanson percaya solusi robotik untuk pandemi tidak terbatas pada perawatan kesehatan, tetapi juga dapat membantu pelanggan di industri seperti ritel dan maskapai penerbangan.

“Robot Sophia dan Hanson unik karena sangat mirip dengan manusia,” tambahnya. “Itu bisa sangat berguna selama masa-masa ketika orang-orang sangat kesepian dan terisolasi secara sosial.”

Hanson mengatakan dia menargetkan untuk menjual ribuan robot pada tahun 2021, tanpa memberikan nomor tertentu.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook