Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Terlalu Lama Main Game di Smartphone, Bisa Begini Akibatnya

iqbal fadillah

Terbit

|

APA kamu sering bermain gamedi Smartphone selama berjam-jam? sebaiknya mulai setop kebiasaan tersebut.

Pasalnya gara-gara terlalu sering bermain game di ponsel, Xiao Wu, perempuan asal Tiongkok mengalami kebutaan permanen. Mata kanannya tak lagi bisa melihat setelah memainkan game mobile online di smartphone sepanjang hari.

Seperti dilansir dari laman Asia One, menurut laporan media Tiongkok, Xiao Wu (21), bukan nama sebenarnya, memainkan game King of Glory, sebelum dia dilaporkan buta.

Ia pun dirawat di Rumah Sakit Mata Donggiang Huaxia keesokan harinya, di mana dokter mendiagnosisnya dengan oklusi arteri retina, kehilangan penglihatan monokular, tanpa rasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang tua dan bersifat permanen, sehingga dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan.

Menurut laporan itu, Xiao Wu telah mengundang seorang rekan ke rumahnya untuk berperan sebagai King of Glory, sebuah game online multiplayer oleh Tencent Games. Teman-temannya mengatakan, dia terobsesi dengan permainan tersebut dan akan bermain tujuh sampai delapan jam setiap hari dan bahkan melewatkan jam tidurnya agar bisa terus bermain game.

BACA JUGA :  Kecanduan Games Masuk Dalam Gangguan Mental

Namun, usai makan malan ia melanjutkan permainan, dia mulai merasa ada sesuatu yang tidak beres di mata kanannya. Dia segera dibawa ke kota untuk perawatan medis keesokan harinya. Xiao Wu, yang sehari-hari seorang wiraswasta, mengatakan dia biasanya bangun pada pukul 06.00 dan mulai bermain game setelah sarapan sampai sekitar pukul 16.00.

Setelah tidur, dia akan bermain game sampai pukul 01.00 atau 02.00 dini hari.

“Terkadang saya lupa waktu, saya tidak makan bahkan saat orang tua saya memintaku untuk makan,” katanya.

Orang tuanya telah mencoba membujuknya untuk meletakkan ponselnya dan meninggalkan permainan tersebut dan bahkan memperingatkannya untuk “menjadi buta”.

“Sekarang saya merasa takut dan menyesal (karena tidak mendengarkan mereka),” kata Xiao Wu.

Para dokter yang merawatnya di rumah sakit memperingatkan adanya keletihan berlebihan pada matanya. Kerusakan mata bisa terjadi dari menatap layar komputer atau smartphone berjam-jam.

(*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook