Hubungi kami di

Ini Batam

Tiga Hari Sebelum Beroperasi, Pembangunan Kawasan Observasi dan Isolasi COVID-19 di Galang Sudah 78 Persen

iqbal fadillah

Terbit

|

Konferensi Pers Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto setelah meninjau Pembangunan RS Khusus Penularan Virus di Pulau Galang Batam, Rabu (25/03). Photo : GoWest Indonesia

PROGRES pembangunan fasilitas ruang Observasi dan Isolasi pasien COVID-19 di Pulau Galang, Batam hingga Rabu (25/3) sudah berada di prosentase 78 persen. Pada prosesnya bangunan utama berupa 340 ruang Observasi dan 20 ruang Isolasi bagi pasien COVID-19 sudah siap dan tinggal menunggu peralatan medis yang akan datang dari Jakarta pada Kamis (26/3) ini.

Dalam kegiatannya meninjau fasilitas kesehatan ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan, dalam tiga hari ke depan proses pengerjaan akan selesai. Artinya pembangunan ini berjalan sesuai dengan target yang ditentukan.

Tidak hanya fasilitas ruang Observasi dan Isolasi saja, Hadi menjelaskan kalau di lokasi ini juga ada fasilitas pendukung berupa, tempat untuk tenaga medis, ruang farmasi, radiologi laundri, dan insenerator.

“Pembangunan terus dilaksanakan sampai target tercapai, untuk ruang observasi 340 ruang siap, ruang isolasi 20 ruang sudah siap. Isolasi agak berbeda karena seperti ICU, dilengkapi tekanan negatif, AC, ada standar hepa, oksigen dan kamar mandi ada di dalam,” kata Hadi seusai meninjau lokasi ini pada Rabu (25/3).

Untuk kelengkapan medis sendiri, pada prosesnya akan dibawa langsung menuju Batam menggunakan Pesawat Hercules milik TNI menuju Batam, untuk kemudian langsung dilansir ke fasilitas kesehatan di sini.

Nantinya, tenaga medis yang bertugas, akan dilatih untuk memaksimalkan peralatan yang ada.

Proses pelatihan ini diharapkan bisa cepat dilaksanakan, agar proses pengoperasian fasilitas ini bisa segera terlaksana.

“Kita masih perlu melatih tenaga medis, sehingga diharapkan efektif beroperasi pada Senin (30/3),”kata Hadi lagi.

*(Bob/GoWestID)

Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *