Connect with us

Pilihan gowest.id

Kebiasaan Yang Bisa Memicu Kanker

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : health.harvard.edu

PADA dasarnya kanker tidak mengenal gender, ia bisa menyerang siapa saja. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker pada perempuan, tapi tidak berlaku pada laki-laki. Berikut beberapa kebiasaan yang patut diwaspadai, terutama bagi kaum perempuan.

Produk mengandung paraben

Waspadai produk mengandung paraben. Paraben adalah senyawa yang diproduksi secara sintetis digunakan sebagai pengawet untuk memperpanjang umur simpan produk.

Paraben sering ditemukan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi seperti sampo, kondisioner, deodoran, produk pembersih kulit, dan pencuci mulut.

Umumnya tercantum dalam bahan sebagai metil paraben, etil paraben, propil paraben, dan butil paraben.

Paraben dan para-hydroxybenzoic mungkin dapat mengganggu hormon alami estrogen.

Tingkat estrogen tinggi meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, para peneliti tidak bisa mengatakan paparan paraben secara langsung menyebabkan kanker.

Minum dari botol plastik

Paparan Bisphenol A (BPA) dapat meningkatkan risiko kanker terkait hormon seperti kanker payudara dan ovarium. BPA adalah produk umum dalam botol dan wadah air plastik.

BPA adalah xenoestrogen atau senyawa kimia yang dapat meniru estrogen. Karena susunannya cukup dekat dengan estrogen, ia dapat mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh dan menyebabkan inisiasi pembentukan kanker.

Bukti ilmiah menghubungkan paparan rutin kami dengan BPA ke berbagai penyakit, termasuk kanker payudara, kanker prostat, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Terlalu banyak duduk

Perempuan terlalu banyak duduk berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan jenis kanker tertentu, termasuk kanker kolon, kanker endometrium, dan kanker paru-paru.

Peneliti dari American Cancer Society menemukan perempuan yang menghabiskan waktu luang dengan duduk berada pada risiko lebih tinggi terkena kanker myeloma, payudara, dan ovarium.

Untuk mengatasinya, cobalah perbanyak bergerak. Jadwalkan setidaknya 30 menit berjalan kaki selama lima hari dalam seminggu.

Orang dewasa dengan peningkatan aktivitas fisik mereka dapat mengurangi risiko terkena kanker usus hingga 40 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Bergadang

Dalam Konferensi Kanker NCRI di Glasgow dijelaskan jika perempuan sering bergadang (night owl)lebih mungkin mengembangkan kanker daripada morning person.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap lebih dari 220.000 perempuan untuk menemukan hubungan antara menjadi morning person atau night owl dan kanker payudara.

Peneliti menemukan bahwa morning person kurang mungkin mengembangkan kanker hingga 48 persen. Kemudian, perempuan yang dilaporkan tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam tidur rata-rata juga memiliki sedikit peningkatan risiko kanker payudara.

Studi ini hanya menemukan tautan yang memungkinkan, sehingga penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat bagaimana dan mengapa tidur dapat mempengaruhi risiko kanker.

Penggunaan bedak tabur dekat vagina

Kemudian, kebiasaan menaburkan bedak, seperti bedak bayi, dekat vagina juga berisiko memicu kanker.

Menurut Jonathan bedak tabur telah terbukti meningkatkan risiko kanker endometrium pada perempuan karena partikel dari bedak untuk berjalan melalui vagina dan ke dalam ovarium, menyebabkan peradangan.

Cara tidak sehat atasi stres

Perempuan sedang stres atau baru saja mengalami peristiwa traumatis, berada pada peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Di laman cancer.gov, National Cancer Institute merilis beberapa penelitian menemukan hubungan antara faktor psikologis seperti stres dan peningkatan risiko terkena kanker. Namun hasilnya beragam.

Beberapa alasan mengapa stres dikaitkan dengan kanker termasuk perkembangan perilaku tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol selama dalam kondisi tertekan.

Jadi mungkin bukan stres menyebabkan kanker, tetapi stres dapat memicu kebiasaan tidak sehat mungkin mengarah pada kanker.

Bagaimanapun penting untuk diketahui bahwa kanker disebabkan oleh akumulasi kerusakan pada gen. Perubahan semacam ini mungkin terjadi karena kebetulan atau terpapar zat penyebab kanker.

Zat-zat yang menyebabkan kanker disebut karsinogen. Karsinogen dapat berupa zat kimia. Penyebab kanker mungkin agen lingkungan, faktor virus atau genetik.

Namun, kita harus ingat bahwa dalam sebagian besar kasus kanker kita tidak dapat menghubungkan penyakit dengan satu penyebab tunggal.

 

Sumber : Beritagar/ cancer.gov

 
Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Hidup Sehat23 jam lalu

Makanan Yang Bisa Tangkal Proses Pikun

SALAH satu masalah penuaan paling umum terjadi adalah penurunan daya ingat atau pikun. Hasil penelitian terbaru menemukan cara pencegahannya yang...

Gaptek? Gak Lah!23 jam lalu

Robot Pembuat Ayam Goreng

TOKO retail Lawson di Jepang punya cara unik agar penyajian ayam gorengnya jauh lebih mudah dan cepat. Mereka memanfaatkan robot Karaage-kun, robot pembuat...

Pop & Roll3 hari lalu

Pernikahan Mewah Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Delhi

PRIYANKA Chopra, aktris ternama film India serta serial televisi AS, dan Nick Jonas dari Jonas Brothers merayakan pernikahan mereka pada...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Punya Pengasuh Instagram? Kenapa Tidak

PARA turis kini bisa benar-benar menikmati liburan jauh dari gawai tanpa perlu sibuk memikirkan nasib akun media sosial telantar. Urusan...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Golongan Darah Yang Dikenal Berkepribadian Introvert

BUKAN hanya zodiak. Golongan darah juga bisa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Nah, golongan darah ini dikenal berkepribadian introvert lho....

Pop & Roll5 hari lalu

Keturunan raja Samurai yang Meriahkan Ajang Miss World 2018

AJANG Miss World 2018 segera digelar Desember ini. Menuju ajang kecantikan tersebut, ada banyak cerita menarik dari para kontestan, salah...

Otto Keren!5 hari lalu

Mengapa Busi Perlu Diganti Berkala ?

SAAT pertama kali membeli kendaraan baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4), pastinya dilengkapi komponen yang masih baru. Selain...

Pop & Roll1 minggu lalu

Irfan Hakim ; Singapore to Batam

BAGI warga kota pulau Batam, beraktifitas ke negeri seberang Singapura menggunakan kapal ferry sudah lumrah. Tapi, tidak dengan artis yang...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

Penganan Dari Ujung Utara Kepulauan Riau

Kerupuk Atom Khas Anambas. JIKA anda jalan-jalan ke daerah Kab. Kepulauan Anambas, Prov. Kepulauan Riau, rasanya kurang pas saat anda...

Otto Keren!2 minggu lalu

Pesaing Jimnie Baru Dari Ford

PERUSAHAAN otomotif Ford memang sudah gulung tikar di Indonesia. Tapi secara global, mobil buatan Amerika Serikat itu masih memiliki pasar...