Terhubung Dengan Kami

Pilihan gowest.id

Kebiasaan Yang Bisa Memicu Kanker

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : health.harvard.edu

PADA dasarnya kanker tidak mengenal gender, ia bisa menyerang siapa saja. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker pada perempuan, tapi tidak berlaku pada laki-laki. Berikut beberapa kebiasaan yang patut diwaspadai, terutama bagi kaum perempuan.

Produk mengandung paraben

Waspadai produk mengandung paraben. Paraben adalah senyawa yang diproduksi secara sintetis digunakan sebagai pengawet untuk memperpanjang umur simpan produk.

Paraben sering ditemukan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi seperti sampo, kondisioner, deodoran, produk pembersih kulit, dan pencuci mulut.

Umumnya tercantum dalam bahan sebagai metil paraben, etil paraben, propil paraben, dan butil paraben.

Paraben dan para-hydroxybenzoic mungkin dapat mengganggu hormon alami estrogen.

Tingkat estrogen tinggi meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, para peneliti tidak bisa mengatakan paparan paraben secara langsung menyebabkan kanker.

Minum dari botol plastik

Paparan Bisphenol A (BPA) dapat meningkatkan risiko kanker terkait hormon seperti kanker payudara dan ovarium. BPA adalah produk umum dalam botol dan wadah air plastik.

BPA adalah xenoestrogen atau senyawa kimia yang dapat meniru estrogen. Karena susunannya cukup dekat dengan estrogen, ia dapat mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh dan menyebabkan inisiasi pembentukan kanker.

Bukti ilmiah menghubungkan paparan rutin kami dengan BPA ke berbagai penyakit, termasuk kanker payudara, kanker prostat, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Terlalu banyak duduk

Perempuan terlalu banyak duduk berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan jenis kanker tertentu, termasuk kanker kolon, kanker endometrium, dan kanker paru-paru.

Peneliti dari American Cancer Society menemukan perempuan yang menghabiskan waktu luang dengan duduk berada pada risiko lebih tinggi terkena kanker myeloma, payudara, dan ovarium.

Untuk mengatasinya, cobalah perbanyak bergerak. Jadwalkan setidaknya 30 menit berjalan kaki selama lima hari dalam seminggu.

Orang dewasa dengan peningkatan aktivitas fisik mereka dapat mengurangi risiko terkena kanker usus hingga 40 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Bergadang

Dalam Konferensi Kanker NCRI di Glasgow dijelaskan jika perempuan sering bergadang (night owl)lebih mungkin mengembangkan kanker daripada morning person.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap lebih dari 220.000 perempuan untuk menemukan hubungan antara menjadi morning person atau night owl dan kanker payudara.

Peneliti menemukan bahwa morning person kurang mungkin mengembangkan kanker hingga 48 persen. Kemudian, perempuan yang dilaporkan tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam tidur rata-rata juga memiliki sedikit peningkatan risiko kanker payudara.

Studi ini hanya menemukan tautan yang memungkinkan, sehingga penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat bagaimana dan mengapa tidur dapat mempengaruhi risiko kanker.

Penggunaan bedak tabur dekat vagina

Kemudian, kebiasaan menaburkan bedak, seperti bedak bayi, dekat vagina juga berisiko memicu kanker.

Menurut Jonathan bedak tabur telah terbukti meningkatkan risiko kanker endometrium pada perempuan karena partikel dari bedak untuk berjalan melalui vagina dan ke dalam ovarium, menyebabkan peradangan.

Cara tidak sehat atasi stres

Perempuan sedang stres atau baru saja mengalami peristiwa traumatis, berada pada peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Di laman cancer.gov, National Cancer Institute merilis beberapa penelitian menemukan hubungan antara faktor psikologis seperti stres dan peningkatan risiko terkena kanker. Namun hasilnya beragam.

Beberapa alasan mengapa stres dikaitkan dengan kanker termasuk perkembangan perilaku tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol selama dalam kondisi tertekan.

Jadi mungkin bukan stres menyebabkan kanker, tetapi stres dapat memicu kebiasaan tidak sehat mungkin mengarah pada kanker.

Bagaimanapun penting untuk diketahui bahwa kanker disebabkan oleh akumulasi kerusakan pada gen. Perubahan semacam ini mungkin terjadi karena kebetulan atau terpapar zat penyebab kanker.

Zat-zat yang menyebabkan kanker disebut karsinogen. Karsinogen dapat berupa zat kimia. Penyebab kanker mungkin agen lingkungan, faktor virus atau genetik.

Namun, kita harus ingat bahwa dalam sebagian besar kasus kanker kita tidak dapat menghubungkan penyakit dengan satu penyebab tunggal.

 

Sumber : Beritagar/ cancer.gov

 
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Selamat Berpuasa

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!5 jam lalu

Nokia 9110i Berumur 21 Tahun, Jadi Holy Grail Kolektor

PADA tahun 1998, Nokia 9110i Communicator menjadi ponsel pintar yang punya kemampuan bak komputer. Dengan ukuran yang pas untuk dikantongi, ponsel ini...

Histori6 jam lalu

Istana Damnah Dalam Sejarah

DI Kampung Damnah, Kabupaten Lingga terdapat sebuah situs bersejarah yang berkaitan dengan Kesultanan Riau Lingga. Sebuah kompleks istana yang berdiri...

Histori7 jam lalu

Sejarah THR Di Indonesia

TUNJANGAN Hari Raya (THR) mulai diberikan pada zaman pemerintahan Bung Karno. Tepatnya pada Kabinet PM keenam Soekiman Wirjosandjojo, politikus asal...

Gaptek? Gak Lah!5 hari lalu

Bila Huawei Tanpa Aplikasi Android

KEPUTUSAN Google untuk mencabut lisensi Android di perangkat-perangkat Huawei tentu bukan hal sepele. Ada beberapa dampak yang bakal terjadi. Coba...

Bincang5 hari lalu

Batam, A Sampai Z Bersama Daniel Burhannuddin

DIRUT PT. Esqarada, Daniel Burhannuddin bicara Panjang lebar tentang Batam. Mulai A sampai Z. Sejak awal mulai Batam dibangun era...

Histori5 hari lalu

Melihat Pengelolaan Dana Haji di Masa Lalu

DULU, sebelum tahun 1979, calon jamaah haji Indonesia mempunyai kebebasan untuk memilih salah satu dari dua pilihan. Apakah pemberangkatan ke...

Pop & Roll5 hari lalu

Industri Kecantikan Mulai Bidik Laki – Laki

INDUSTRI kecantikan kini tak hanya didominasi perempuan. Semakin banyak laki-laki yang menunjukkan minat terhadap produk perawatan kulit dan kecantikan. Menurut...

Inspirasi7 hari lalu

Dulu Gagal, Sekarang Beromset Rp.2 Juta Sekali Produksi

BERANI berkreasi serta berinovasi hingga menghasilkan satu produk bernilai jual, menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan oleh kaum milenial...

Histori7 hari lalu

Dokumentasi Bersejarah Mendur Bersaudara

JIKA saat ini kamu bisa melihat foto Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi, maka sudah patutnya kamu berterima kasih pada sosok...

Ide1 minggu lalu

Fungsi Lain Mie Instan Selain Bikin Kenyang

SEPERTI kita tahu, mie instan termasuk menu favorit banyak orang termasuk anak kost di akhir bulan. Selain harganya yang terjangkau...