Terhubung Dengan Kami

Khas

Mereka Dihargai Karena Dorong Investasi & Laju Ekonomi Batam

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Foto : © BP Batam untuk GowestID

DALAM angka memberikan apresiasi kepada Investor sebagai mitra BP Batam dalam turut bersama membangun Batam dan memajukan perekonomian Batam, BP Batam memberikan penghargaan kepada perusahaan PMA di Batam.

Penghargaan diberikan dalam acara BP Batam Appreciation Day 2018.

Acara digelar pada hari Senin, 10 Desember 2018, bertempat di Grand Ball Room Hotel Radisson.

Anugerah ini diberikan kepada perusahaan PMA yang telah beroperasi selama 10 tahun, 20 tahun, lebih dari 30 tahun, perusahan PMA dengan nilai ekspor tertinggi serta PMA dengan nila investasi tertinggi.

Penghargaan bagi perusahaan yang telah beroperasi selama 10 tahun diberikan kepada :

1.PT Smoe Indonesia
2. PT Yokohama Industrial Products Manufacturing Indonesia
3. PT Epcos Indonesia
4. PT Austin Engineering Indonesia
5. PT Nittoh Batam

Penghargaan bagi perusahaan yang telah beroperasi selama 20 tahun diberikan kepada :

1. PT Panasonic Industrial Devices Batam
2. PT Rubycon Indonesia
3. PT Flextonics Technology Indonesia
4. PT Siix Electronic Ind
5. PT Ciba Vision Batam
6. PT ASL Shipyard Indonesia
7. PT Amtek Engineering Batam
8. PT Sumitomo
9. PT Shimano Batam

Penghargaan bagi perusahaan yang telah beroperasi selama 30 tahun lebih diberikan kepada :

1. PT Mcdermott Indonesia
2. PT Bredero Show Indonesia

Penghargaan bagi perusahaan dengan nilai ekspor terbesar dan nilai investasi terbesar diberikan kepada :

1. PT Asia Cocoa Indonesia (2.536.575.490,55 USD)
2. PT Schneider Electric Mamufacturing (1720.206.722 USD)
3. PT Musim Mas (1.363.767.140,91 USD)
4. PT Ecogreen Eleochemicals (1.303.669.369,19 USD)
5. PT Philips Induatries Batam (789.604.298,04)

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan data BKPM terdapat 700 perusahaan di Batam yang tentu semuanya diberikan apresiasi atas loyalitasnya selama ini menanamkan modal di Batam dan beroperasi lebih dari 10 atau 20 tahun di Batam di tengah tantangan perekonomoan global dan kompetisi dengan daerah serupa di negara lain seperi thailand, china, dan vietnam.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan PMA sebagai mitra dari pemerintah yang mendukung perkembangan Batam yang sangat pesat bila dibandingkan dengan daerah serupa di Indonesia.

“Tanpa investor, ekonomi Batam tidak akan berkembang seperti sekarang. Kepercayaan dan loyalitas investor untuk stay di Batam ditengah “godaan” (wilayah serupa negara lain) yang bukan tidak ada, ditambah tantangan kondisi perekonomian global, mereka tetap disini dan memberikan kesempatan kerja yang besar bagi tenaga kerja kita, inilah yang perlu kami berikan apresiasi setinggi-tingginya”, kata Lukita.

Dirinya juga meyakinkan bahwa BP Batam saat ini terus bekerja keras dan berinovasi baik dari sisi perizinan, investasi, tata kelola lahan, hingga pengembangan infrastruktur yang terus digesa, guna mempermudah aktifitas bisnis di Kota Batam saat ini dan dimasa yang akan datang.

Lukita mengatakan saat ini timnya tengah menggesa proyek perluasan terminal 1, penambahan terminal 2, dan terminal kargo di Bandara Hang Nadim Batam yang telah memasuki persiapan prakualifikasi lelang.

Tak hanya dari sisi transportasi udara, dirinya juga menggesa pengembangan Pelabuhan Batu Ampar dengan menggandeng PT Pelindo agar Batu Ampar dapat dimaksimalkan kapasitasnya untuk kegiatan trahsipment.

“Kita terus benahi dari sisi perijinan terus kita permudah percepat dan jemput bola, lalu lintas barang kita berikan kemudahan dalam mengatasi hambatan yang ada, untuk mencapai harapan kita bersama daan menghadapi tantangan yang ada, kita harus lakukan bersama”, imbuhnya.

Dirinya optimis Batam yang secara geografis begitu strategis memiliki potensi yang luar biasa sehingga Batam tetap menjadi daerah tujuan wisata yang kompetitif ditengah persaingan di Asia. Dirinya menghimbau seluruh pihak untuk bersinergi dan bersama menjaga iklim investasi Batam tetap kondusif.

Sementara itu Dirjen Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan, mengatakan bahwa Batam diharapkan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional, dengan segala potensi yang ada maka semua pemangku kepentingan harus siap bekerjasama.

Dirinya mengatakan kondisi Perekonomian global saat ini memang kurang menguntungkan tidak hanya bagi Indonesia melainkan berdampak secara global.

Defisit neraca perdagangan juga menjadi dampak bagi penurunan ekonomi Batam pada beberapa tahun belakangan.

Namun ia optimis tahun 2018 ini perekonomian Batam akan membaik seiring dengan semangat BP Batam, Asosiasi Kawasan industri, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholders untuk bersama memajukan perekonomian Batam ditengah tantangan global saat ini.

Ia juga memberikan apresiasi kepada inisiatif yang dilakukan BP Batam untuk memberikan awarding kepada para palaku usaha PMA agar harapannya mereka lebih semangat untuk ekspansi di Batam dan mengundang rekan mereka di negara lain untuk datang ke Batam.

Salah satu kondisi yang ada adalah perang dagang antara China dan Amerika. Batam yang mayoritas industrinya aktif melakukan ekspor, bisa memanfaatkan peluang ini dengan cermat.

Batam khususnya bisa memanfaatkan peluang perang dagang ini dengan menyiapkan diri menerima perusahaan PMA yang terdampak untuk relokasi serta aktif melihat peluang ekspor ke Amerika.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua HKI Oka Simatupang, dirinya menyakan dukungan bagi masuknya investasi-investasi baru ke Batam.

“Kami semua menyatakan siap, siapapun yang menang atau kalah dalam perang tersebut, kita optimis mari perusahaan-perusahaan asing terdampak silahkan datang dan invest ke Batam” ungkapnya.

Di samping memberikan apresiasi kepada para investor, BP Batam Appreciation Day 2018 dikemas dengan panel diskusi dengan tema “Peluang Memasuki Pasar Amerika Serikat” dengan menghadirkan 6 narasumber yakni, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Walikota Batam yang diwakili Asisten Wan Darusalam, Kepala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra dan Anggota 2/Deputi Perencanaan dan Pengembangan Yusmar Anggadinata.

 

(*/GoWestID)

 

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Batam Pilihan Pertama Relokasi Perusahaan Antena Satelit PAKTEL

BADAN Pengusahaan (BP) Batam menerima kunjungan industri telekomunikasi PT Pasifik Indotama (PAKTEL) pada Senin (8/7/2019) sore. Pertemuan ini diterima langsung...

Ide3 minggu lalu

Tips Membuat Banyak Akun Gmail

JIKA kamu memiliki akun Gmail, kamu pasti tahu bahwa salah satu langkah yang harus dilakukan saat pendaftaran adalah melakukan verifikasi...

Histori3 minggu lalu

Asal Usul Sushi, Dari Jepang?

SUSHI merupakan salah satu kuliner yang kini sudah mendunia dan digemari banyak orang. Namun, jika bicara soal sushi, mayoritas orang...

Pop & Roll3 minggu lalu

Kejutan Tom Holland Dengan Kostum Spiderman

PARA bintang film Spider-Man: Far from Home mengunjungi Children’s Hospital di Los Angeles, baru-baru ini. Kehadiran Tom Holland, Zendaya, dan...

Gaptek? Gak Lah!4 minggu lalu

Kendaraaan Otonom Drive.ai Dibeli Apple

APPLE diketahui telah membeli Drive.ai, perusahaan rintisan di ranah kendaraan otonom. Dilaporkan CNBC, tidak diketahui berapa mahar yang dibayarkan Apple untuk...

Ini Batam1 bulan lalu

Konjen India Kunjungi BP Batam

KONSUL Jenderal India di Medan untuk Sumatera Indonesia YM Bapak Raghu Gururaj melakukan kunjungan ke BP Batam pada hari Kamis,...

Bincang1 bulan lalu

Desy Agustina ; Lagu Anak Hingga Musik Jazz

ADA keprihatinan yang dalam melihat banyak karya anak bangsa yang justru tidak dikelola sendiri. Contohnya lagu anak-anak dan kekayaan seni...

Ide1 bulan lalu

Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Begadang

KEBIASAAN begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah terbiasa begadang, tidur cepat akan sangat sulit atau...

Pop & Roll1 bulan lalu

Robby Sugara Tutup Usia

AKTOR senior Robby Sugara tutup usia pada Kamis (13/6/2019). Kabar duka ini diungkap oleh putrannya, Juan Bernard, melalui fitur Insta...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

PUBG Mobile Jadi Games Terlaris di Dunia

Game PUBG Mobile menorehkan prestasi terbaru. Game tersebut berhasil menjadi game terlaris di dunia dengan pendapatan mencapai lebih dari USD 146...