Terhubung Dengan Kami

Histori

Riwayat Temenggung Abdul Jamal

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Foto : arsipskpd.batam.go.id

ORANG Batam kenal nama Temenggung Abdul Jamal sebagai nama Gelanggang Olahraga (Gelora). Ada yang sudah tahu tentang sejarah Tumenggung Abdul Jamal? Literasi tentang sejarah tokoh yang satu ini, sampai sekarang masih sangat minim didapat.

Yang diketahui, Tumenggung Abdul Jamal adalah seorang bendahara Kerajaan Melayu Riau yang berkuasa di wilayah Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Batam dan di pulau-pulau di sekitarnya pada masa silam.

Makam Tumenggung Abdul Jamal masih bisa dijumpai di Selatan Pulau Batam.

Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa makam lain yang diyakini sebagai keluarga Tumenggung Abdul Jamal. Antara lain istrinya raja Maimunah. Masyarakat juga masih bisa melihat beberapa benda pusaka seperti keris, pedang, tombak, bejana dan barang lain milik Tumenggung Abdul Jamal.

Foto : arsipskpd.batam.go.id

Makam Tumenggung Abdul Jamal berada di sebuah pulau kecil di sebelah Selatan Pulau Batam bernama Pulau Bulang Lintang. Dari berbagai catatan, Tumenggung Abdul Jamal adalah seorang bendahara kerajaan melayu Riau yang berkuasa di wilayah Bulang Lintang, Batam dan pulau-pulau di sekitarnya.

Temenggung Abdul Jamal, menyandang  jabatan  Temenggung  atau penguasa daerah  yang ditunjuk Sultan Johor-Riau. Dalam catatan sejarah, Temenggung Abdul Jamal lahir pada 1720.   Ia adalah putra dari Tun Abbas, Datuk Bendahara Kerajaan Johor-Riau.

Pulau Bulang telah dijadikan sebagai basis daerah perintah Temenggung sejak tahun 1722 hingga 1824,  Pulau Bulang, juga telah menjadi satu kurnia Sultan Sulaiman Badrul AlamSyah (sultan Riau yang pertama)  bagi keluarga Temenggung Riau-Johor.

Sejak tahun 1722 pulau ini telah dijadikan “markas besar” keluarga Temenggung yang merupakan cabang kecil dinasti Bendahara yang memerintah Riau-Lingga-Johor-dan Pahang.

Sejarah singkat kehidupan Temenggung Abdul Jamal tidak akan didapat para peziarah. Baik dari informasi tertulis ataupun dari mulut ke mulut masyarakat tempatan.

Namun keberadaan pulau dan makam yang menjadi warisan sejarah kebesaran Melayu tersebut terangkum dalam khazanah literature asing baik yang berada di pulau Penyengat maupun Singapura dan Johor.

Pulau Bulang Lintang merupakan satu gugusan pulau di perairan Kota Batam yang berjarak sekitar setengah jam dengan mengarungi selat-selat sempit diantara gugusan pulau disebelah barat Pulau Batam. Untuk menjangkau pulau berpenduduk sekitar 200 kepala keluarga yang umumnya nelayan ini, dapat menumpang “speedboat” dari Pelabuhan Sagulung Batam.

Pulau Bulang sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang luasnya sekitar 150 hektare. Ramai disinggahi peziarah menjelang Ramadan. Namun keberadaan  warisan sejarah di pulau tersebut tanpa rekam jejak yang dapat memberikan informasi peran penting Pulau Bulang Lintang dan Temenggung Abdul Jamal.

Sebagai salah satu tokoh yang memiliki jabatan penting di Kerajaan Melayu Riau, minimnya literasi tentu sangat di sayangkan. Bahkan, warga pulau Bulang-Lintang sendiri, tempat Tumenggung Abdul Jamal dimakamkan, tak banyak tahu tentang riwayatnya.

M Taha (87) juru kunci makam Tumenggung Abdul Jamal, juga tak tahu secara persis bagaimana riwayat kehidupan Tumenggung Abdul Jamal. Ia hanya mengetahui bahwa makam tersebut biasa ramai di kunjungi para peziarah menjelang bulan Ramadan. Mulai dari peziarah lokal hingga manca Negara. Maklum, kerajaan Melayu Riau memiliki hubungan erat dengan kerajaan Melayu Johor.

Seingat M Taha, sejak dirinya datang ke pulau kecil di perairan Kota Batam itu, sudah ada makam Tumenggung Abdul Jamal. Makam ini berada dalam satu komplek dengan pemakaman isterinya, Raja Maimunah beserta para prajuritnya.

“Saya tak tahu bagaimana beliau meninggal. Karena dulu sebelum saya datang kesini makam ini sudah ada. Dulu cuma satu buah rumah, tak ramai. Dan ini semua masih semak hutan pohon-pohon semua,” ungkap M Taha, juru kunci makam saat ditanya perihal meninggalnya Tumenggung Abdul Jamal.

 

(*)

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori1 hari lalu

Buah Naga & Sejarahnya di Batam

PULAU Batam identik dengan buah naga di Indonesia. Padahal, aslinya buah tersebut berasal dari benua Amerika. Tapi, tidak salah. Cikal...

Ide2 hari lalu

Pencipta Barang Nyentrik Yang Viral di Medsos

GENG Shuai dijuluki ‘Edison dari Cina’ bukan karena dia penemu lampu pijar seperti Thomas Alva Edison, melainkan karena kerap menciptakan...

Film Film Film3 hari lalu

Laut yang Memberi, Laut yang Mengambil ; Tentang “The Man from the Sea”

SEORANG pria Jepang terdampar di tepi pantai Banda Aceh. Telanjang. Tidak ada yang tau siapa namanya. Ia tak mau atau...

Otto Keren!5 hari lalu

Menyulap Corolla KE-30 1977 Jadi Mulus Banget

SALAH satu produk otomotif andalan Toyota yang melegenda adalah Corolla. Varian ini sudah mulai dikembangkan sejak 1968/ 1969. Sampai kini,...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Telaga Bidadari Yang Tersembunyi

ADA sebuah telaga yang terletak di sebuah hutan di kawasan Batam. Masyarakat sekitarnya menamainya sebagai Telaga Bidadari. Lokasinya masih perawan...

Jalan-Jalan Plesir5 hari lalu

Kampung Terih, Kampung Wisata Kekinian!

KAMPUNG tua yang satu ini kini telah menjadi desa wisata, yaitu Desa Wisata Kampung Terih. Kini, Kampung Terih menjadi salah...

Histori5 hari lalu

The Story of Engku Puteri

DATARAN Engku Puteri atau alun-alun Engku Puteri merupakan ruang terbuka umum yang ada di kota Batam. Lokasinya strategis karena berada...

Gaptek? Gak Lah!5 hari lalu

Apple Patenkan Sensor Biometrik Untuk Mobil

MEMBUKA ponsel menggunakan pemindai wajah sepertinya sudah sangat umum. Lalu bagaimana jika membuka kunci mobil menggunakan pemindai wajah? Apakah ada...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Kenapa Kita Dilarang Lepas Sepatu Saat di Pesawat?

Kamu mungkin tergoda untuk melepas sepatu dan bersantai selama di pesawat. Namun untuk alasan kesehatan, kamu sebaiknya tetap memakai alas...

Pop & Roll2 minggu lalu

Tangisan Dul di Konser Dewa 19

DEWA 19 jadi manggung di Malaysia. Dul Jaelani akhirnya menggantikan posisi Ahmad Dhani di Keyboard. Ia menggantikan posisi ayahnya yang...