Hubungi kami di

Ini Batam

100 Guru SD dan SMP di Kota Batam Ikut Pelatihan Cinta Bangga Paham Rupiah

Terbit

|

Sebanyak 100 guru tingkat SD dan SMP di Kota Batam mengikuti pelatihan CBP Rupiah. F. Bank Indonesia Kepri

PELATIHAN Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) diikuti sebanyak 100 guru tingkat SD dan SMP di Kota Batam.

Menurut Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kepri, Taufik Ariesta,  pelatihan ini bertujuan agar dapat meningkatkan peran guru-guru dalam menyebarluaskan pesan mengenai CBP Rupiah kepada masyarakat luas dan meningkatkan kepedulian terhadap rupiah di kalangan anak didik.

“Selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang, teliti terhadap ciri keaslian uang rupiah. Ingat 3D, Dilihat, Diraba, Diterawang, serta memperlakukan dan merawat rupiah dengan baik melalui 5 JANGAN, Jangan Dicoret, Jangan Disteples, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat,” kata Taufik, Minggu (18/9/2022).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia diberikan tugas dan kewenangan pengelolaan uang rupiah mulai dari tahapan perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, sampai dengan pemusnahan.

BACA JUGA :  Kejar Target, Wali Kota Tanjungpinang Bentuk Tim Percepatan Pembangunan

Pada 18 Agustus 2022 lalu, Bank Indonesia meluncurkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang menjadi wujud semangat kebangsaan nasionalisme dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional.

“Peluncuran uang rupiah kertas ini merupakan wujud nyata Bank Indonesia untuk menyediakan uang rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya, serta menjadi kebanggaan bersama sebagai salah satu simbol kedaulatan negara Indonesia,” ujar Taufik.

Uang Rupiah Kertas TE 2022 terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan R p1.000, dengan tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia di antaranya gambar tarian, pemandangan alam, dan flora pada bagian belakang seperti uang Rupiah TE 2016.

BACA JUGA :  Pemko Tanjungpinang Salurkan BLT, Warga: Kami Sangat Terbantu

Taufik menjelaskan terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang Rupiah Kertas TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan,” kata dia.

Sesuai dengan jargonnya yaitu INTAN, Taufik mengatakan, Uang Rupiah Kertas TE 2022 terlihat lebih Indah (warna lebih kontras, gambar lebih tajam, serta ukuran lebih kecil dan mudah dibedakan), amaN (menggunakan teknologi terkini pada unsur pengaman sehingga mudah dikenali dan menyulitkan pemalsuan) serta TAhaN lama (tidak mudah lusuh karena menggunakan bahan yang lebih tebal dan lapisan untuk pecahan kecil).

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid