Hubungi kami di

Inspirasi

3 Tanaman Hias Yang Bisa Dibuat Tirai

Terbit

|

tanaman hias gantung © instagram.com/anggrek_habitat

MAU rumah menjadi lebih sejuk, kamu bisa menambahkan tanaman-tanaman hias berwarna hijau atau tanaman hias berbunga. Tak hanya membuat rumah menjadi lebih asri, beberapa tanaman juga memiliki beragam manfaat. Bahkan ada pula jenis tanaman hias gantung yang bisa kamu fungsikan menjadi tirai. Hunian menjadi lebih asri, unik dan cantik.

Tanaman gantung umumnya menjuntai ke bawah dan sering kali diletakkan di pot kecil sebagai hiasan bagian langit-langit rumah. Namun ada pula tanaman gantung yang bisa dikonsep layaknya tirai di dalam maupun luar ruangan. Simak yuk!

1. Tanaman Gantung Lee Kwan Yew

tanaman hias gantung, © pinterest/ beautynesia

Sebagai pecinta tanaman hias, pasti kamu tidak asing dengan lee kwan yew. Di Indonesia sendiri tanaman ini lebih dikenal dengan nama tanaman janda merana dan memiliki tiga nama latin sekaligus yaitu vernonia elliptica, vernonia elegnonia dan tarmonia eliptica. Tak hanya digunakan untuk menghias pagar, tanaman ini juga disebut curtain creeper.

Lee kwan yew juga merupakan tanaman yang mudah tumbuh. Kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus agar terhindar dari hama. Tanaman ini bahkan bisa ditanam di tempat yang memiliki ketinggian hingga 3 meter lho! 

BACA JUGA :  Manfaat Kurma Untuk Kecantikan

Kamu juga bisa menghias rooftop dengan lee kwan yew.

Tanaman ini juga sering dijadikan sebagai tanaman pelindung dari sinar matahari sekaligus menyaring kotoran-kotoran yang terbang di udara. Tak heran jika kamu sering menjumpainya di perkantoran atau gedung-gedung tinggi.

2. Tanaman Gantung Dendrobium Aphyllum

tanaman hias gantung © instagram.com/anggrek_habitat

Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan anggrek tirai karena bisa menjulur hingga 2 meter. Warna pada bunganya cenderung berwarna ungu pucat atau bisa juga berwarna pink dan putih.

Untuk kamu yang menyukai keindahan, tanaman berbunga adalah pilihan yang tepat. Bahkan dendrobium aphyllum ini merupakan salah satu tanaman berbunga yang mudah untuk dirawat. Tanaman ini seringkali disebut dengan anggrek tahan banting karena tidak mudah layu dan mati seperti bunga mawar atau tanaman berbunga lainnya

Namun kebanyakan tanaman anggrek, tidak menyukai sinar matahari secara langsung, jadi sebaiknya letakkan tanaman ini di tempat yang teduh. Jika terpaksa meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung, usahakan menggunakan media tanam yang lembab.

Ketika diletakkan di luar ruangan maka kamu perlu menyiramnya dua hingga tiga kali sehari, namun ketika meletakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung maka cukup menyiramnya 2 kali.

BACA JUGA :  Mengalah untuk Menang

3. Tanaman Gantung Sirih Gading

tanaman hias gantung © instagram.com/innalestarie

Jika mencari tanaman yang bisa menjuntai indah dengan perawatan super mudah, kamu bisa memanfaatkan sirih gading. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lulu munding atau tali dalam bahasa Sunda, Jalu mampang, sulang dalam bahasa Jawa dan samblung dari Bali.

Bentuk daunnya seperti sirih pada umumnya yang terlihat seperti jantung hati, namun perbedaannya adalah warna daun yang terbilang cukup unik dan cantik. Sirih gading memiliki daun dengan campuran warna kuning seperti marmer.

Kamu bisa menanam sirih gading di manapun karena tanaman ini sangat tahan banting dan mudah dirawat. Bahkan juga memberikan banyak manfaat baik jika dijadikan tanaman hias indoor. 

Yups, sirih gading sangat efektif digunakan untuk menyingkirkan racun seperti gas karbon monoksida dan formaldehid di udara.

(*)

Sumber : BEAUTYNESIA / PINTEREST / INSTAGRAM 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook