Hubungi kami di

Film Film Film

5 Kisah Nyata di Film-Film Tom Hanks

nien bagaskara

Terbit

|

SAAT ini bioskop-bioskop kita sedang ramai memutar Sully. Itu merupakan film karya Clint Eastwood yang dibintangi oleh Tom Hanks.

Cerita Sully diambil dari kisah nyata yang terjadi pada 2009 mengenai Chesley Sullenberger (Hanks), seorang pilot yang menjadi pahlawan setelah menyelamatkan 155 orang penumpang dan kru pesawatnya.

Ini bukan pertama kalinya Tom Hanks membintangi film yang diangkat dari kejadian sebenarnya. Malah, film-filmnya yang diangkat dari kisah nyata hampir semuanya mendapat ulasan memuaskan dari para kritikus.

Berikut ini beberapa film Tom Hanks yang diangkat dari kisah nyata seperti yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Apollo 13 (1995)

Dikutip dari AMC, inilah kali pertama Hanks memerankan karakter yang betul-betul ada. Film karya Ron Howard ini diangkat dari kejadian nahas yang menimpa kru Apollo 13 yaitu Jim Lovell (Hanks), Fred Haise (Bill Paxton), dan Jack Swigert (Kevin Bacon) saat mereka sedang melakukan misi ke Bulan.

Kisahnya merupakan dramatisasi dari buku “Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13” oleh Lovell, dibantu Jeffrey Kluger. Tensi tinggi dan suasana penuh tekanan di kabin Apollo 13 melahirkan nuansa sangat menegangkan pada film bergenre penyintasan ini. Apollo 13 mendapat 9 nomine Oscar termasuk Film Terbaik, namun kalah dari Braveheart.

Catch Me If You Can (2002)

Film ini menampilkan Tom Hanks bersama bintang muda yang saat itu tengah naik daun, Leonardo DiCaprio. Catch Me If You Canmengisahkan Frank Abagnale Jr (DiCaprio), seorang penipu yang mengaku sebagai dokter, pengacara, dan pilot dengan meyakinkan.

FBI kemudian mengutus Carl Hanratty (Hanks) untuk menangkap Abagnale, namun lelaki muda berusia 17 itu selalu berada selangkah di depan Hanratty. Digarap oleh Steven Spielberg, Catch Me If You Can sangat mengasyikkan untuk ditonton, terutama penggambaran karakter si penipu yang sangat lihai dan membuat kesal para pengejarnya.

Meski film ini diangkat dari kisah nyata Abagnale Jr yang melakukan serangkaian penipuan di tahun 1960-an, karakter Carl Hanratty yang diperankan Hanks adalah fiksi. Karakter ini terinspirasi dari agen FBI Joseph Shea, pengejar Frank asli yang telah meninggal pada 2007.

Saving Mr. Banks (2013)

Dalam film berdurasi 125 menit ini, Tom Hanks berperan sebagai Walt Disney, pendiri kerajaan bisnis hiburan Disney. Karena janji dengan anak perempuannya, Disney menginginkan hak untuk memfilmkan “Mary Poppins”, sebuah cerita bikinan PL Travers (Emma Thompson). Namun Travers yang keras kepala tidak mau karakter kesayangannya menjadi mesin uang untuk Hollywood.

Hanks sebetulnya ingin berperan seakurat mungkin dalam film ini, termasuk dengan menampilkan pria bernama lengkap Walter Elias Disney itu sedang merokok. Walt Disney dikenal sebagai perokok berat –ia meninggal karena kanker paru-paru pada 1966. Namun rumah produksi Disney yang menaungi film ini menolaknya, dengan alasan merokok tak pantas diperlihatkan di film keluarga sepertiSaving Mr. Banks.

Captain Phillips (2013)

The Hollywood Reporter menahbiskan karya Paul Greengrass ini sebagai film terbaik yang pernah dibintangi Tom Hanks. Namun ia tak dinominasikan oleh para juri Academy Awards.

Yang menjadi nomine dari film ini adalah Barkhad Abdi, pemeran pembajak bernama Muse. Di film ini akting Abdi memang sangat mencolok, ia mampu mengimbangi Hanks yang jauh lebih berpengalaman.

Captain Phillips adalah kisah nyata yang terjadi pada 2009, ketika kapal kontainer Maersk Alabama dibajak oleh pembajak dari Somalia. Mereka menyandera seluruh awak kapal, termasuk Kapten Richard Phillips (Hanks). Sang Kapten pun berusaha melakukan segalanya untuk menyelamatkan diri dan seluruh awak dari kekejaman para pembajak.

Sully (2016)

Pada 15 Januari 2009, dunia menyaksikan “Keajaiban Hudson”, ketika Kapten Chesley Sullenberger alias Sully mampu menyelamatkan 155 nyawa dengan mendaratkan pesawat di sungai Hudson. Meski dipuja media dan publik sebagai pahlawan, Sully menghadapi interograsi dan penyelidikan yang mengancam reputasi dan kariernya.

Menariknya, kejadian ini terjadi pada 2009, tahun yang sama dengan kejadian pembajakan Maersk Alabama di film Captain Phillips. Pun di kedua film ini Hanks memerankan orang dengan pangkat kapten.

Di film Sully, Hanks tampil lebih tua, lengkap dengan uban di sekujur rambut dan kumisnya. Padahal, aktor berumur 60 ini memerankan Chesley Sullenberger yang saat itu baru berumur 58. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook