Hubungi kami di

Otto Keren!

5 Tips yang Perlu Dipahami Perempuan Saat Membeli Mobil Baru

iqbal fadillah

Terbit

|

Ilustrasi. Test Drive Mobil. Poto : @otofemale.id

DALAM kehidupan modern dan mobilitas tinggi seperti saat ini, aktivitas berkendaraan terutama mengendarai mobil kini tak hanya dilakukan oleh kaum pria saja tapi juga lazim dilakukan perempuan.

Maraknya penggunaan mobil bagi perempuan juga tampak dari adanya pusat perbelanjaan yang sudah menyediakan parkir khusus untuk perempuan.

Meski demikian, perempuan masih sering dinilai kurang memahami dunia otomotif serta teknis perihal kendaraan sehingga perlu beberapa pertimbangan saat memilih kendaraan roda empat ini.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli mobil dilansir dari berbagai sumber.

1. Tentukan Budget

Salah satu langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan budget yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil baru. Selain itu, Anda juga dapat menentukan apakah akan membeli secara tunai, atau melakukan kredit untuk pembelian mobil yang akan dilakukan.

Lalu Anda juga perlu memperhitungkan biaya lain-lain yang biasanya berupa biaya premi asuransi dari transaksi yang Anda lakukan di luar dari harga mobil itu sendiri.

Setelah membeli mobil, Anda juga perlu memperhitungkan biaya pemeliharaan dan pengeluaran harian di masa mendatang, misal biaya bensin, jalan tol atau biaya parkir. Dengan menentukan budget dan anggaran ini, Anda dapat lebih mudah untuk mengerucutkan pilihan dari mobil yang akan segera Anda beli.

2. Kenali Fitur dari Mobil

Saat ini, mobil telah dilengkapi berbagai fitur canggih dengan teknologi tinggi yang dapat memudahkan pengalaman berkendara Anda. Selain berguna untuk mendukung penggunaan mobil dalam keseharian, fitur-fitur ini juga dapat menjadi poin tambahan yang menarik saat Anda mempertimbangkan pembelian mobil.

Terdapat sejumlah fitur yang umumnya digemari perempuan di seluruh dunia seperti transmisi otomatis, navigasi GPS, sistem pengereman ABS / BA / EBD, kamera parkir belakang dan sensor parkir, ban run flat, cruise control, dan lain sebagainya.

Selain fitur teknologi, tak ada salahnya jika Anda mencari tau fitur utility yang tersedia di mobil yang Anda incar, seperti berapa banyak dan berapa besar kotak penyimpanan, luas bagasi untuk menaruh barang belanjaan, ada tidaknya cermin di sun visor atau tambahan colokan charger USB untuk memudahkan Anda dalam mencharge handphone yang mungkin lebih dari satu.

3. Perhatikan Style dan Tampilan Luar Mobil

BACA JUGA :  Kijang Jadul Tembus Rute Jakarta - Dili

Tak jarang, perempuan menentukan pilihan mobil impiannya dengan mempertimbangkan style serta tampilan luar mobil seperti desain model dan warna mobil. Tak ada yang salah dengan ini, karena mobil yang Anda gunakan juga bisa menjadi cerminan dari diri Anda terlebih jika digunakan sehari-hari.

Tentunya dengan memilih warna mobil yang sesuai dengan impian bisa membantu mood Anda menjadi lebih baik. Sementara untuk model mobil, Anda bisa mempertimbangkan model yang sesuai dengan kebutuhan Anda baik itu city car, mpv, maupun LCGC.

4. Utamakan Keamanan

Tampilan mobil yang modis serta kemudahan berkendara bisa jadi faktor penentu bagi perempuan dalam memilih mobil. Akan tetapi, Anda juga perlu memberi perhatian lebih dalam hal keselamatan. Pastikan mobil yang Anda incar minimal sudah dilengkapi fitur Airbag, sistem pengereman ABS / BA / EBD, kamera mundur dan sensor parkir.

Salah satu cara untuk mengetahui cukup aman/tidaknya mobil yang Anda beli ini juga bisa Anda ketahui dengan cara melakukan test-drive. Saat melakukan test-drive cobalah atur posisi duduk Anda, dan rasakan apakah mobil yang Anda coba sudah memiliki posisi tempat duduk yang cukup dekat dengan pedal, jauh dari setir, dan cukup tinggi agar Anda dapat melihat jalan di depan dengan jelas.

Kenali juga dimana letak tombol, tuas atau bagian penting dari mobil, sehingga saat berkendara, Anda tidak mencari-cari dan salah dalam mengoperasikannya, misal tuas lampu sein dan wiper, karena kedua tuas ini posisi nya sering terbalik di mobil dari pabrikan Jepang dan Eropa / Amerika

5. Cari Tahu soal Performa Mobil

Salah satu tips yang juga penting untuk diperhatikan sebelum membeli mobil adalah mengetahui performa dari mobil yang diberi. Anda bisa bertanya kepada sales di dealer atau membaca review di internet soal kemulusan performa dari mobil yang menjadi impian Anda. Selain itu, cari tahu juga soal efisiensi bahan bakar serta tenaga dan daya tahan dari mobil yang akan dipilih untuk mengetahui keandalan dari performa mobil tersebut.

5 tips tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda para perempuan untuk segera menentukan pilihan mobil impian. Jika sudah tahu mobil apa yang akan dipilih, Anda juga bisa memanfaatkan beragam promo menarik terkait pembelian mobil. (*)

Sumber : detik.com

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook