Hubungi kami di

Kota Kita

90 Pulau Berpenghuni di Kepri Belum Teraliri Listrik

Terbit

|

Ilustrasi: Listrik PLN. F. Dok PLN

KEPALA Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Darwin, mengatakan pemasangan instalasi listrik dilakukan karena masih ada 90 pulau yang memiliki penghuni belum teraliri listrik.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menargetkan pemasangan baru instalasi listrik di seluruh rumah di kawasan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Menurut Darwin, salah satu kendala pemasangan listrik di pulau-pulau yakni belum ada jaringan listrik dan biaya pemasangan instalasi listrik jauh lebih mahal, sehingga Dinas ESDM turun tangan untuk pengerjaan ini.

Dinas ESDM pun menargetkan minimal pemasangan listrik baru di pulau-pulau berpenghuni sebanyak 1 persen, agar pada 2026 seluruh rumah di wilayah Kepri teraliri listrik.

BACA JUGA :  Ini Tiga Kekuatan Ekonomi Kepri Bisa Cegah Dampak Resesi

“Sesuai target RPJMD 2021-2026, maka kami menargetkan tahun 2026 program Kepri terealisasi secara merata,” ujarnya.

Namun, ia mengakui program penerangan hingga kawasan 3T membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, karena tidak dapat hanya mengandalkan anggaran daerah. Selama ini, perusahaan pertambangan ikut membantu melalui dana pertanggungjawaban sosial untuk menerangi rumah warga.

Selain itu, peran masyarakat di pulau-pulau, khususnya di kawasan 3T sangat besar dalam menyukseskan program Kepri Terang, melalui hibah lahan yang digunakan untuk pemasangan instalasi listrik.

Saat ini sebanyak 635.593 rumah tangga atau 94,5 persen rumah tangga di Kepri sudah teraliri listrik, yang terdiri dari 631.806 unit rumah bersumber dari PLN, sedangkan listrik di 3.787 rumah lainnya bukan bersumber dari PLN.

BACA JUGA :  Survey Serologi ; Herd Immunity di Kepri 89,6 Persen

Dari 325 desa dan kelurahan di Kepri, sebanyak 81 desa dan kelurahan teraliri selama 18 jam, serta 9 desa dan kelurahan yang teraliri listrik selama 7 jam. Selebihnya, rumah tangga di desa dan kelurahan lainnya sudah teraliri listrik selama 24 jam.

“Kami juga bekerja sama dengan PT PLN, dan mendorong agar listrik di pulau-pulau teraliri selama 24 jam,” ucap Darwin.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid