Hubungi kami di

Bintan

Antisipasi Penularan Covid-19 saat Tour de Bintan, Panitia Lakukan Protkes Ketat

Terbit

|

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arif Sumarsono. F. Dok. Mediatrias.com

GUNA mengantisipasi penularan Covid-19 selama berlangsungnya ajang balap sepeda Tour de Bintan 2022, panitia penyelenggara akan melakukan berbagai upaya, termasuk menerapkan protokol kesehatan (Protkes) secara ketat.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bintan, Arif Sumarsono.  “Tour de Bintan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada klaster baru Covid-19 yang muncul dari ajang kejuaraan balap sepeda internasional itu,” katanya di Tanjungpinang, Rabu (12/10/2022).

Mantan Camat Gunung Kijang itu mengatakan panitia penyelenggara Tour de Bintan mendapat pengarahan dari Satgas Penanganan Covid-19 baru-baru ini. Pengarahan tersebut berhubungan dengan upaya antisipasi penularan Covid-19 mengingat peserta Tour de Bintan berasal dari berbagai negara.

Ia menjelaskan upaya antisipasi penularan Covid-19 dilakukan dari hulu ke hilir. Panitia harus memastikan seluruh peserta dalam kondisi sehat. “Nanti dilakukan tes usap dengan metode PCR terhadap seluruh peserta Tour de Bintan,” katanya.

BACA JUGA :  Antisipasi Penghambat Pemilu 2024 di Kepri, KPU RI Lakukan Pemetaan

Dia mengatakan di penyelenggaraan Tour de Bintan juga melibatkan instansi dan lembaga lain, seperti Dinas Kesehatan Bintan. Petugas kesehatan dikerahkan untuk memastikan peserta dalam kondisi baik.

“Kami berharap masyarakat yang menyaksikan Tour de Bintan juga menaati protokol kesehatan,” imbaunya.

Sampai saat ini, kata dia, jumlah peserta Tour de Bintan yang sudah melengkapi persyaratan sebanyak 500 orang. Masing-masing peserta akan membawa dua orang ofisial.

Ia menambahkan panitia memperpanjang jadwal pendaftaran. Peserta dapat melengkapi persyaratan pendaftaran hingga 13 Oktober 2022 atau sehari sebelum pelaksanaan Tour de Bintan.

“Pendaftaran itu dibuka sejak akhir tahun 2021, jumlah yang mendaftar sebanyak 946 pebalap sepeda dari 45 negara. Namun yang sudah melengkapi persyaratan sekitar 500 peserta sampai sekarang sehingga kami memperpanjang jadwal pendaftaran,” katanya.

BACA JUGA :  Pembukaan Porprov Kepri V 2022 di Bintan Meriah

Peserta yang paling banyak mengikuti Tour de Bintan berasal dari negara Singapura sebanyak 40 persen, Inggris 13 persen, Australia 7 persen, Indonesia 5 persen, Malaysia 4 persen, Amerika, Jepang, Jerman, Prancis sekitar 3 persen, Filipina, Hongkong sekitar 2 persen dan negara lainnya sekitar 16 persen.

Pelaksanaan kejuaraan balap sepeda berskala internasional Tour de Bintan berlangsung 14-16 Oktober 2022. Pemenang Tour de Bintan berkesempatan mengikuti kejuaraan kelas dunia, di Glasgow, Inggris.

Garis start dimulai dari kawasan Simpang Lagoi. Panjang lintasan yang dilalui sesuai dengan kategori yang diikuti peserta.

Kategori dalam Tour de Bintan yakni Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, dan Grand Fondo Discovery 55 kilometer, demikian Arif Sumarsono.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid