Hubungi kami di

Ini Batam

Batik Batam Diperagakan Model Binaan Desainer Muda Batam

ilham kurnia

Terbit

|

Ketua Dekranasda Batam, Marlin Agustina dan Founder R’Luxs Model Management, Ronald, Foto : © mediacenter Batam

MODEL cantik dan tampan berlenggak-lenggok memeragakan Batik Batam di atas ‘runway’ R’Luxs Next Top Model 2020, Sabtu (12/9). Pagelaran busana bertema Kemilau Batik Batam by Ronald Moreno ini menjadi rangkaian ajang pemilihan model yang digelar di DC Mall tersebut.

Batik Batam yang dirancang desainer muda Batam ini tak hanya berbentuk baju, tapi juga masker dengan motif seragam. Karya ini untuk memenuhi kebutuhan ‘fashion’ di masa adaptasi kebiasaan baru yang mewajibkan setiap orang untuk bermasker saat aktivitas di luar rumah.

“Kegiatan ini bisa berjalan murni berkat dukungan teman-teman semua. Bahkan Batam Youtuber juga berpartisipasi dengan ikut menyebarluaskan acara ini. Karena Youtube ini kan luas jangkauannya. Supaya karya-karya kita dari Batam semakin dikenal luas,” tutur Ronald yang merupakan Founder R’Luxs Model Management.

Ia menjelaskan kegiatan ini tetap digelar di tengah pandemi dengan tujuan menginformasikan serta mengajak orang-orang untuk tetap berkarya. Bahwa pandemi tidak menghentikan kita untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

“Harus tetap semangat. Jangan mau dimakan corona. Harus kita lawan. Yang penting jaga kesehatan. Protokol kesehatan dari pemerintah harus diikuti,” pesan desainer yang sudah memamerkan produk kriyanya hingga Australia dan Dubai tersebut.

Audisi model musim ke-16 ini juga dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi. Pada kesempatan tersebut, Marlin bernostalgia dengan Ronald yang sudah lama tak berjumpa. Di hadapan peserta audisi, Marlin menceritakan bagaimana masa-masa awal memperkenalkan Batik Batam ke khalayak.

“Dulu tidak ada yang tahu bahwa Batik Batam ada. Batik Batam ini pernah terpuruk dan tidak dikenal. Waktu itu saya ketemu Ronald dan saya ajak mengembangkan Batik Batam. Alhamdulillah berhasil. Saya sangat mengapresiasi Ronald. Dan sekarang Ronald sudah semakin berkembang dengan desain dan ide yang luar biasa seperti sekarang ini. Bahkan informasinya tahun depan mau ikut pagelaran di New York. Luar biasa. Jadi tidak salah adik-adik ikut kontestasi yang digelar Ronald ini. Saya doakan Ronald sukses selalu dengan karya-karya terbarunya,” tutur Marlin.

Menurut Marlin, kerja keras yang dilakukan Dekranasda bersama pengrajin dan desainer lokal telah menampakkan hasil. Batik Batam kini sudah menjadi identitas daerah. Meski begitu promosi-promosi tetap dilakukan. Antara lain melalui Batik Batam Fashion Week.

“Malam ini ada malam puncak Expo Batik Batam Fashion Week 2020. Ini juga agenda tahunan kita untuk memperkenalkan Batik Batam. Di dalamnya ada pengrajin-pengrajin, ada desainer-desainer muda. Dan ada model-model binaan juga, tapi umumnya masih SMA dan mahasiswa. Sebelumnya Ronald ini bergabung juga di Dekranasda. Tapi setelah semakin berkembang, ia memberi laluan kepada yang baru-baru untuk tampilkan karyanya. Sehingga ada regenerasi, ada kader-kader baru untuk pengembangan Batik Batam ini. Mudah-mudahan karya kita ini bisa dipakai masyarakat Batam khususnya,” ujar istri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tersebut.

Terkait Corona Virus Disease (Covid-19), Marlin tak bosan-bosannya mengingatkan agar setiap orang patuhi protokol kesehatan. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Covid di Batam ini sudah hampir 1.000. Hati-hati. Jangan dianggap sepele. Protokol kesehatan itu sangat penting,” imbaunya.

(*/nes)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook