Hubungi kami di

Politika

Besok, Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Terbit

|

Ilustrasi: Pemilihan Umum 2024. F. Dok. detik.com

PERATURAN Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan, Jadwal dan Program Pemilu 2024, tahapan pemilu akan dimulai besok, Selasa, (14/6/2022). Tahapan dimulai dengan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal menghadiri pembukaan tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai besok.

“Kegiatan hari ini sehari menjelang kita laksanakan tahapan, yaitu 14 Juni dan besok 14 Juni kita lakukan peluncuran tahapan, kita lakukan Rakornas mengundang seluruh jajaran pimpinan KPU provinsi se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke ya bagian dari upaya konsolidasi awal untuk persiapan pemilu dan pemilihan serentak 2024,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajat, saat Rakornas Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024, di Hotel Gran Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

BACA JUGA :  Dipersingkat, Masa Kampanye Pemilu 2024 Jadi 75 Hari

“Tentu secara organisasi harus kita rapatkan barisan, kita persiapkan sebaik-baiknya kita sampaikan juga arahan-arahan dan kebijakan yang nantinya KPU Provinsi harus juga menyampaikan kepada jajaran di tingkatan kabupaten/kota,” sambungnya.

Yulianto mengatakan rakornas tersebut merupakan bagian awal dari konsolidasi dalam pemilu 2024. Selain itu, dia mengatakan untuk anggaran secara umum telah disetujui oleh Komisi II.

“Hal ini perlu karena ini awal kita akan melakukan konsolidasi dan nanti akan berjenjang sampai tingkat Kabupaten/Kota, bahwa tahapan sudah ditetapkan. Kemudian anggaran secara umum juga sudah disetujui oleh Komisi II dan saat ini juga terus berproses di badan anggaran ya, badan anggaran dan kemudian nanti akan kita siapkan seluruh aspek perencanaan untuk seluruh kegiatan tahapan-tahapan,” katanya.

Lebih lanjut, Yulianto mengatakan tahapan terdekat saat ini adalah pendaftaran dan verifikasi partai politik. Rencananya akan dimulai pada 29 Juli-13 Desember 2022.

BACA JUGA :  Aksi Demo 212 ; Aktifis Ditangkap, Kapolri Naik ke Panggung, Jokowi Temui Pendemo

“Karena tahapan yang paling dekat yaitu tahapan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu calon peserta pemilu 2024 yang akan dilaksanakan bulan Agustus dan kalau sudah bicara soal verifikasi baik itu administrasi maupun faktual kan nanti sampai ke kabupaten/kota,” jelasnya.

“Hal-hal demikianlah yang juga nanti akan kita sampaikan kepada seluruh jajaran agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, secara umum begitu sampai nanti juga termasuk pendaftaran pemilih sampai juga dengan persiapan pembentukan badan ad hoc,” sambungnya.

Sementara itu, Komisioner KPU, Parsadaan Harahap, mengatakan pada pembukaan tahapan pemilu besok, Presiden Jokowi dikonfirmasi akan hadir.

“Sampai hari ini terkonfirmasi, apa namanya, beliau akan hadir sesuai audiensi yang kita lakukan kemarin, informasinya yang kita sampaikan, ada persiapan-persiapan terkait posisi di gedung KPU, untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan,” tuturnya.

(*)

sumber: detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid