UNTUK memperkuat hubungan dengan nasabah dan calon nasabah dari perusahaan Jepang di Batam, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan komunitas Batam Japan Club mengadakan acara Ngobrolin Biznis (Ngobiz) di Wisma Batamindo, Batam, pada Rabu (16/10/2024).
Acara ini menampilkan sesi berbagi mengenai Economic Outlook Indonesia dan ASEAN serta membahas upah minimum dan sistem pensiun bagi tenaga kerja di Indonesia.
Maya Sartika, Kepala Wilayah Sumatera CIMB Niaga, menyatakan bahwa CIMB Niaga fokus dalam memenuhi kebutuhan perbankan bagi nasabah korporasi dan individu dari Jepang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya unit khusus (Japan Desk) yang melayani nasabah Jepang di berbagai wilayah, termasuk Jabodetabek dan Batam.
“Batam memiliki komunitas perusahaan Jepang yang signifikan. Sebagai bank yang mampu menyediakan layanan untuk perusahaan Jepang, CIMB Niaga siap memberikan layanan optimal melalui produk dan jaringan yang luas, menjadikannya solusi keuangan yang komprehensif bagi nasabah,” ujar Maya dalam rilis yang dikirim ke GoWest.ID.
CIMB Niaga menawarkan berbagai layanan untuk mendukung operasional bisnis dan karyawan, seperti BizChannel@CIMB, internet banking untuk korporasi, dan berbagai produk Consumer Banking seperti tabungan, kartu kredit, KPR, serta pinjaman pribadi.
Di Batam, CIMB Niaga memiliki 6 kantor cabang dan 47 ATM/CRM, serta akses ke jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima di sekitar Batam.
Selain berinovasi dalam produk dan layanan, CIMB Niaga juga berkomitmen pada praktik bisnis yang berkelanjutan sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Pada semester pertama 2024, sekitar 26% dari total pembiayaan bank (setara Rp56,4 triliun) mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon dan tujuan pembangunan berkelanjutan.
Maya menekankan, “Ini menunjukkan komitmen CIMB Niaga tidak hanya untuk mencari keuntungan, tetapi juga menjaga lingkungan untuk generasi mendatang, selaras dengan pesan keberlanjutan #SekarangUntukMasaDepan.”
Acara Ngobiz juga menjadi bagian dari The Cooler Earth Sustainability Series 2024, yang bertujuan memobilisasi komitmen kolektif untuk menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab dan lingkungan yang lebih lestari.
Kinerja Positif pada Semester I 2024
INISIATIF dan layanan yang diberikan CIMB Niaga untuk nasabah dari perusahaan Jepang berkontribusi pada pertumbuhan kinerja bank secara nasional. Pada semester pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan laba sebelum pajak konsolidasi sebesar Rp4,4 triliun, naik 5,8% dibandingkan tahun sebelumnya.
“Pertumbuhan kinerja kami dipicu oleh peningkatan aset produktif, efisiensi operasional, dan pengelolaan cadangan yang baik. Kami tetap menjaga kualitas aset dengan rasio gross non-performing loan (NPL) sebesar 2,1%, di bawah rata-rata industri. Kami optimis dapat mencapai hasil baik di sisa tahun 2024,” ungkap Maya.
Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp249,8 triliun (+6,0% Y-o-Y), dengan pertumbuhan rekening giro dan tabungan sebesar 7,4% menjadi Rp162,9 triliun. Ini merupakan hasil dari upaya bank dalam memperkuat hubungan dengan nasabah melalui layanan digital, yang meningkatkan rasio CASA menjadi 65,2%.
Jumlah kredit/pembiayaan juga naik 5,9% menjadi Rp217,1 triliun, didorong oleh pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebesar 10% dan perbankan konsumer yang tumbuh 5,8%. Kenaikan tertinggi pada kredit retail berasal dari Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat 13,1%.
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, CIMB Niaga berkolaborasi dengan UNICEF untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.
(sus)