Hubungi kami di

Otto Keren!

Daihatsu Hijet Dibangkitkan Lagi

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, Daihatsu Hijet © Daihatsu Motor

SIAPA yang tidak kenal sepak terjang Daihatsu Hijet, apalagi di Indonesia. Namanya juga sempat berkibar dengan ciri khas minibusnya itu.

Dan kini, Daihatsu membangkitkan kembali Hijet dari kubur yang diperkenalkan dengan sejumlah fitur canggih, smart assist IIIt dan sudah dipasarkan sejak 27 Agustus 2020 lalu.

Sejarah Hijet

HIJET telah diperkenalkan sejak 1960. Sejak dilahirkan, Hijet mendapat sambutan yang positif dari masyarakat di Jepang, khususnya yang bekerja di bidang industri seperti pertanian, konstruksi, transportasi, dan jasa.

Hijet masuk ke Indonesia untuk pertama kali tahun 1972 dengan tipe S37 Generasi Tiga menggunakan mesin ZM 2 tak 2 silinder berpendingin cairan.

Daihatsu Hijet S40 Van

PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) kemudian menjual Hijet Generasi Empat tipe S38 dengan konsep minivan, masih pakai mesin ZM 2 tak 2 silinder 360cc dalam bentuk CBU.

ADM kemudian menjual Hijet 1000 tipe S65 Generasi Enam dengan mesin 10.L 3 silinder. Pada tahun 1987, nama Hijet diganti jadi Zebra mengusung konsep minibus full press body dengan ditanamkan mesin 1.0L dan 1.3L.

BACA JUGA :  Ford Bronco, Si Pesaing Jimny

Hingga saat ini, totalnya sudah ada 7 juta unit Hijet yang diproduksi daihatsu dan terus berevolusi hingga sampai pada generasi ke-10.

Daihatsu Hijet Truck

Saat gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu, Daihatsu sempat memajang versi konsep dari Hijet. Hijet Truck, mobil ini mendapat penyegaran dan desain ulang secara total pada September 2014 lalu.

Kemudian ada upgrade pada sebagian fiturnya pada Mei 2018 dengan menambahkan fitur baru seperti penghindar tabrakan terbaru, yakni Smart Assist IIIt.

Dengan begitu, menjadikan mobil ini sebagai kendaraan niaga pertama yang tercanggih di kelasnya.

Daihatsu Hijet Cargo

Lalu, ada Hijet Cargo, mobil ini juga disukai oleh pelanggan karena kemudahan dalam penggunaannya, terutama saat melakukan bongkar muat barang.

“Ketiga kendaraan ini, mulai dari Hijet Truck, Hijet Cargo, dan Atrai Wagon, teredia dalam berbagai varian sesuai dengan tujuan penggunaan dan kebutuhan pelanggan,” kata Daihatsu dalam siaran persnya.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook