Hubungi kami di

SPORT

Final Sevilla vs Inter, Adu Gengsi 2 Raja Liga Eropa

iqbal fadillah

Terbit

|

Ilustrasi. Sevilla vs Intermilan. Grafis @jogjatribunnews.com

SEVILLA dan Inter Milan akan bertemu di final Liga Eropa 2019-2020 yang dilangsungkan di RheinEnergie Stadion, kota Koln, Sabtu 22 Agustus 2020 dini hari WIB.

Dikutip dari okezone.com, Kedua klub ternyata memiliki pengalaman panjang di ajang Liga Eropa, kompetisi yang dulunya bernama Piala UEFA tersebut.

Saat ini Los Nervionenses –julukan Sevilla– tercatat sebagai klub paling sukses di Liga Eropa dengan koleksi lima trofi. Kemudian, Inter membuntuti di posisi dua sebagai klub tersukses dengan raihan tiga gelar.

Sevilla, klub tersukses di Liga Eropa

Semenjak Piala UEFA atau Liga Eropa digulirkan pada 1971-1972, wakil-wakil Spanyol dan Italia sangat berjaya.

Tercatat, wakil Spanyol sudah 11 kali menjadi yang terbanyak di ajang ini. Raihan 11 trofi merupakan yang terbanyak ketimbang wakil negara lain.

Sementara Italia, menempati posisi dua dengan raihan sembilan trofi. Meski memiliki gelar terbanyak, ternyata sangat jarang wakil Spanyol dan Italia bertemu di partai puncak Liga Eropa.

Sepanjang sejarah, baru dua kali (termasuk musim ini) wakil Spanyol dan Italia saling bertemu di final Liga Eropa, tepatnya pada musim 1976-1977 yang mempertemukan Juventus kontra Athletic Bilbao.

Saat itu tidak seperti musim ini atau musim-musim sebelumnya yang dilangsungkan satu leg di tempat netral, laga final kala itu dilangsungkan dua leg, yakni kandang-tandang.

Pada leg I yang digelar di markas Juventus yakni Comunale Torino, Bianconeri –julukan Juventus– racikan Giovanni Trapattoni menang 1-0. Saat itu, gol tunggal Juventus dilesakkan sang gelandang, Marco Tardelli, pada menit 15.

Kemudian, laga leg II dilangsungkan di markas Bilbao yakni San Mames. Sebenarnya, Los Leones –julukan Bilbao– menang 2-1 via gol-gol yang dilesakkan Javier Irureta dan Carlos Ruiz. Meski agregat sama kuat 2-2, Juventus ditunjuk sebagai juara karena unggul agresivitas gol tandang.

Melihat sejarah yang tercipta 43 tahun lalu itu, laga Sevilla vs Inter diprediksi berjalan sengit. Nantinya, juara Liga Eropa 2019-2020 mendapat privilige yakni ditempatkan di pot 1 undian Fase Grup Liga Champions 2020-2021.

*(Zhr/GoWestId)

Sumber : okezone.com

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook