Connect with us

Gaptek? Gak Lah!

Google Bakal Cegah Orang Nonton Youtube Berlebihan Dengan Cara Ini

Mike Wibisono

Published

on

Ilustrasi, © xanjero.com

MENONTON YouTube merupakan pilihan banyak orang saat karantina di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Namun, menonton terlalu lama tentu tak baik bagi kesehatan.

Oleh karena itu, Google ingin mencegah orang menonton YouTube secara berlebihan.

Caranya, mereka menambahkan opsi pengingat tidur di fitur Digital Wellbeing.

Cara kerja fitur ini cukup sederhana. Saat kalian sudah kebanyakan menonton YouTube, Google akan mengeluarkan pesan yang menyuruh kalian tidur atau beristirahat.

YouTube sebenarnya sudah menyediakan fitur yang mengingatkan pengguna untuk rehat jika sudah kelamaan menonton. Fitur semacam ini sungguh berguna, karena YouTube kini tak hanya ditonton orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur baru tersebut? Kalian perlu membuka menu Settings pada YouTube. Kalian akan melihat menu Time Watched. Di bagian ini, nantinya, akan ada dua pilihan, yakni “Remind me to take a break” dan “Remind me when it’s time for bed“.

Ketika kalian sudah memencet tombol “On”, kalian akan melihat pilihan waktu. Kalian bisa memilih sendiri kapan kalian ingin diingatkan untuk tidur atau diingatkan untuk rehat menonton YouTube.

Sebagai informasi, para ahli dari American Academy of Opthalmologists menganjurkan agar kita membatasi eksposur cahaya biru sampai 1-2 jam sebelum tidur.

Saat ini, fitur tersebut masih digulirkan Google secara bertahap.

Jadi, jika kalian belum menerimanya, harap bersabar dan jangan lupa memperbarui aplikasi YouTube di smartphone kalian.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *