Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Google dan Apple Hapus ToTok?

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, Aplikasi ToTok

PENGELOLA Apple dan Google dilaporkan menghapus aplikasi pesan ToTok dari toko daring mereka. Hal itu setelah The New York Times melaporkan aplikasi pesan tersebut menjadi alat mata-mata pemerintah Uni Emirate Arab (UEA).

Dilansir dari Thehill.com, Google menghapus aplikasi itu dari toko Google PlayStore pada Kamis dan Apple menghapus pada Jumat. Namun, seorang juru bicara Apple mengatakan perusahaannya masih meneliti tentang aplikasi tersebut.

Meskipun sudah dihapus, pengguna yang telah mengunduh ToTok dilaporkan masih dapat menggunakannya aplikasi tersebut. Pengguna bisa menggunakan hingga mereka memutuskan untuk menghapusnya sendiri.

“Kami menangani laporan pelanggaran keamanan dan privasi dengan serius,” kata juru bicara Google kepada The Hill melalui surat elektronik (surel).

Oleh karena itu, jika Google menemukan perilaku yang melanggar kebijakan perusahaan, maka mereka mengambil tindakan. Google juga mengkonfirmasi telah menghapus aplikasi pesan itu pada Kamis.

BACA JUGA :  226 Juta Pelanggan Telepon Selular sudah Registrasi

Dalam sebuah pernyataan di laman situsnya, pihak ToTok menginformasikan bahwa aplikasi pesan itu untuk sementara waktu tidak tersedia di Google Play atau Apple App store, karena masalah teknis.

“Kami terlibat baik dengan Google dan Apple untuk mengatasi masalah ini,” tulis pernyataan itu.

ToTok juga menginformasikan bahwa perusahannya memiliki kerangka kerja privasi yang sesuai dengan persyaratan hukum lokal dan internasional.

Sebelumnya The New York Times melaporkan pemerintah UEA menggunakan aplikasi itu dalam upaya untuk melacak percakapan, pergerakan, hubungan, janji temu, dan gambar pengguna.

Aplikasi itu telah diunduh jutaan kali. Surat kabar tersebut melaporkan sebagian besar pengguna aplikasi berada di UEA, tetapi ada juga yang berlokasi di Timur Tengah, serta Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Utara.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook