Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Google Tutup Aplikasi Shopping di Android dan iOS

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, aplikasi belanja Google. © SEO Hacker

GOOGLE sudah terkenal dengan keputusan mereka untuk menutup aplikasi serta layanan yang pertumbuhannya dianggap lambat.

Baru-baru ini, keputusan itu kembali diambil oleh Google untuk menutup aplikasi Google Shopping di Android maupun iOS. Aplikasi ini masih akan tetap berjalan hingga juni mendatang, dan setelah itu akan berhenti beroperasi.

Google Shopping merupakan layanan yang dapat digunakan untuk berbelanja ribuan item di berbagai kategori produk. Layanan ini juga dapat mengumpulkan produk dari seluruh web yang ada termasuk Target, Walmart dan bahkan eBay.

“Dalam beberapa minggu kedepan, kami tidak lagi mendukung aplikasi Shopping.” Pernyataan Google pada 9to5Google, dikutip dari BGR, Jumat, 16 April 2021.

“Semua fungsi yang ditawarkan kepada pengguna akan tersedia di bagian tab Shopping (Google Search). Kami akan terus membangun fitur-fitur dalam tab Shopping dan platform Google lainnya, termasuk Google app, untuk memudahkan orang dalam menemukan dan berbelanja produk yang mereka sukai.” tambah Google.

BACA JUGA :  Cara Melakukan Panggilan di WhatsApp Desktop

Google Shopping dianggap tidak seperti Google Search yang memberikan hasil terbaik untuk menemukan, membuat katalog, dan mengindeks data dunia. Google Shopping tidak melakukan indeks web dan hanya peduli pada pihak bisnis yang mengirimkan data feed ke mereka.

Tentu ini membuat hasil pencarian menjadi tak memadai. Perusahaan yang tidak disukai oleh Google tentu akan mengalami kerugian karena hasil pencarian terkait produk di web mereka takkan muncul di Google Shopping, kecuali perusahaan e-commerce tersebut membeli iklan ke Google.

Setelah aplikasi ditutup pada Juni mendatang, pengguna nantinya akan melihat pesan “Aplikasi tidak tersedia saat ini, tetapi Anda dapat melanjutkan berbelanja di shopping.google.com” ketika mencari aplikasi Google Shopping.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook