Hubungi kami di

SPORT

Indonesia Harus Puas Dengan Perak

Mike Wibisono

Terbit

|

Kapten Timnas U-22 Indonesia Andy Setyo (kedua kanan) dan penjaga gawang Nadeo Arga Winata (tengah) tertegun saat tercipta gol dari Timnas Vietnam dalam pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12). (Antara Foto/Sigid Kurniawan/ama)

TIMNAS Indonesia kembali harus bersabar untuk bisa menjadi jawara Sea Games. Penantian selama 28 tahun belum cukup. Di final Sea Games 2019, timnas kita harus takluk 0-3 atas Vietnam.

Sepanjang penyisihan grup hingga semifinal cabang sepakbola SEA Games 2019, Timnas Indonesia sebenarnya tampil gemilang dengan produktivitas gol yang tinggi.

Namun di partai final melawan Vietnam, Indonesia takluk 0-3 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12/2019).

Tiga gol Vietnam dicetak Doan Van Hau di menit ke-39 dan 73, Do Hung Dung (59). Kekalahan ini menyakitkan karena tim asuhan Indra Sjafri tak mampu mencetak satu pun gol balasan.

Kegagalan Indonesia mencetak gol ke gawang lawan merupakan pertama kalinya sepanjang turnamen. Sebelumnya, Indonesia tak pernah absen memobol gawang lawan sejak fase grup hingga semifinal.

Timnas Indonesia mengawali laga perdana Grup B dengan menundukkan Thailand 2-0. Dua gol Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri.

Tren kemenangan Indonesia berlanjut saat menghadapi Singapura dengan skor yang sama 2-0. Dua gol Tim Garuda Muda dicetak Osvaldo Haay di menit ke-64 dan Asnawi Mangkualam (74).

BACA JUGA :  Duo Madrid dan Barca Bersaing Ketat Raih Juara La Liga

Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-2 saat berjumpa Vietnam.
Tim Garuda Muda sempat unggul lebih dulu di menit ke-22 lewat Sani Rizki sebelum dibalas Nguyen Thanh Chung di menit ke-64 dan Nguyen Hoang Duc (90+1).

Timnas Indonesia kembali ke jalur kemenangan saat melawan Brunei Darussalam. Indonesia menang delapan gol tanpa balas yang dicetak Osvaldo Haay menit ke-11, 45+2′, dan 72′, Egy Maulana Vikri (40, 80), Saddil Ramdani menit (50), Witan Sulaeman (68), dan Andy Setyo (77).

Kemenangan besar lainnya dibukukan Timnas Indonesia saat menghajar Laos 4-0. Keempat gol Tim Garuda Muda dicetak Saddil Ramdani di menit ke-4, Osvaldo Haay (47,90+5), dan Bagas Adi (73).

Di semifinal, Timnas Indonesia unggul dua gol lebih dulu melalui Evan Dimas Darmono di menit ke-57 dan Egy Maulana Vikri (72). Myanmar sempat menyamakan kedudukan 2-2 dalam kurun waktu dua menit. lewat gol Aung Kaung Mann di menit ke-79 dan Win Naing Tun satu menit kemudian.

Kemenangan Indonesia ditentukan gol Osvaldo Haay dan Evan Dimas Darmono di menit ke-113. Indonesia menang 4-2. 

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook