Hubungi kami di

Berita

Latihan FPI – TNI ; “Itu Latihan Bela Negara”

Mike Wibisono

Terbit

|

FOTO latihan bersama antara Front Pembela Islam (FPI) Banten dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim Lebak Banten menjadi bahasan dan viral di masyarakat beberapa hari ini.

Latihan tersebut dilakukan bergaya semi militer dan digelar pada Kamis, 5 Januari 2017 lalu di Kabupaten Lebak, Banten.

Kabar itu ramai menjadi pembicaraan publik setelah Dewan Pimpinan Pusat FPI mengunggah foto latihan bersama di akun Instagram-nya.

Disebutkan dalam keterangan yang disampaikan DPP FPI, latihan itu melibatkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) FPI Banten dengan menggelar Pelatihan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Latihan dipimpin langsung oleh anggota TNI sebagai mentornya.

“TNI dan FPI menggelar PPBN serta tanam 10.000 pohon di Kabupaten Lebak Banten,” tulis akun DPP FPI menjelaskan keterangan foto yang diunggahnya, pada Sabtu kemarin, 7 Januari 2017.

BACA JUGA :  Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Rapat Penanganan Covid-19 di Wilayah Jawa Timur

Karena ramai menjadi perbincangan khalayak, TNI pun memberikan penjelasan.

Menurut Letkol Arah M Desi Ariyanto, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III Siliwangi seperti dikutip dari viva.co.id minggu (08/01), latihan itu merupakan latihan bela negara.

“Bersama ini perlu disampaikan bahwa seluruh kegiatan latihan tersebut bukanlah latihan militer, tetapi latihan bela negara,” kata dia di laman Viva, Minggu, 8 Januari 2017.

Meski bernuansa bela negara, namun dirinya mengakui jika latihan tersebut tak sesuai dengan aturan dalam tubuh TNI. Aturan yang berlaku seharusnya memperoleh persetujuan hirarki.

Komandan Distrik Militer Lebak seharusnya melapor terlebih dahulu kepada Komandan Resort Militer, dan selanjutnya kepada Panglima Kodam.

“Dengan adanya kesalahan prosedur tersebut maka akan ada proses lebih lanjut yang akan diberikan kepada Dansat Kowil yang bersangkutan,” tegasnya.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook