Hubungi kami di

Ini Batam

Malaysia, Singapura, dan Brunei Bakal Meriahkan  Kenduri Seni Melayu 2022 di Batam

Terbit

|

Penari menampilkan tarian Melayu kreasi di malam pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2020. KSM kembali akan digelar di Harbour Bay, Batuampar, pada 21-23 Juli 2022. F. Dok. ANTARA/Teguh Prihatna

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menyampaikan perwakilan dari tiga negara tetangga, yakni Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam rencanannya akan ambil bagian dalam Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2022 di Harbour Bay, Batuampar, 21-23 Juli 2022.

“Tiga negara tetangga, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, Insya Allah akan hadir, kita lagi tunggu konfirmasi juga dari negara-negara lain,” kata Ardiwinata saat dikonfirmasi melalui pesan singkat dikutip dari Antara, Selasa (5/7/2022).

Ardi mengharapkan dalam KSM tahun ini dapat menggaet beberapa negara tetangga lainnya untuk ikut serta dalam acara tahunan Kota Batam tersebut.

BACA JUGA :  Walikota : "Saya Tidak Pernah Bicara New Normal, Batam ini Normal dari Dulu"

Dia mengungkapkan, tahun ini, KSM menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu seperti musik, tari, membaca puisi, berpantun, dan permainan rakyat yang dikemas dalam panggung pentas yang menarik dan menghibur.

“Tahun ini selain menampilkan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ada berpantun dan permainan rakyat, juga penampilan dari mancanegara,” sebut Ardi.

Adapun permainan rakyat yang disuguhkan dalam KSM tahun ini di antaranya kaki bajang (egrang), gasing, seletup, dan canang.

Selain itu, akan ada 100 stand bazar kuliner dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam yang ikut meramaikan KSM 2022, sehingga pelaksanaan acara KSM dilakukan di luar ruangan (outdoor).

BACA JUGA :  Kasus Aktif Covid 19 Di Kepri Tinggal 112 Orang, Batam Tinggal 16 Orang

“Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2022 KSM digelar outdoor (luar ruangan),” kata dia.

Masih kata Ardi, pada KSM tahun ini akan ada penampilan spesial yakni lagu genre gazal berjudul “Bulang Mufakat” yang berhasil meraih juara satu dari kegiatan Lomba Cipta Lagu Melayu Tahun 2022.

Kenduri Seni Melayu masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

KEN merupakan wadah perkumpulan event Indonesia dan strategi Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi dan budaya.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid